Canon Luncurkan Kamera Mirrorles Full-Frame Pertama

Teknomata.id – Tampaknya masa depan kamera digital tidak lagi mengandalkan DSLR tapi mulai bergeser ke kamera mirrorless. Diperkirakan nasib mirroless akan lebih cerah di masa depan, berselang semakin disempurnakannya spesifikasi kamera mirroless. Kemungkinan tersebut akhirnya dijawab Canon.

Kabar Canon akan merilis kamera mirroless terbaru bukan lagi sekadar rumor. Buktinya Canon kemarin mengumumkan seri kamera terbarunya yakni Canon EOS R. Seri ini merupakan jenis kamera mirrorles dengan full frame sensor. Apalagi, EOS R merupakan model pertama dalam jajaran tipe mirrorles full frame.

EOS R akan menjadi pesaing perusahaan kamera mirrorless lainnya yang sudah lebih dulu merilis seri mirroless full frame, di antaranya Sony A7lll dan Nikon Z6 dan Z7. Memang apa kelebihan spesifikasi EOS R?

Dilansir dari situs techradar.com berikut dijabarkan beberapa kelebihan EOS R yang akan menjadi pesaing kamera mirroless keluaran Nikon dan Sony.

Sensor

Kamera ini disenjatai dengan 30.3 megapixel full frame sensor yang dilengkapi dengan teknologi optical low pass filter. Didesain dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF yang familiar dengan phase detect autofocus yang sangat cepat.

Canon mengklaim ini merupakan kamera dengan auto fokus tercepat di dunia dengan kecepatan paling lambat 0.05detik, tentunya ini dibantu dengan prosesor DIGIC 8 milik Canon.

 

Lensa

EOS R yang diklaim water resistant ini juga memiliki mounting lensa baru berdiameter 54mm dengan 12 RF pin. Tentunya ini menyebabkan Canon harus mengeluarkan lensa lensa khusus untuk kamera ini.

Yang pertama adalah lensa zoom RF 24-105mm f/4L IS USM, yang memiliki kelebihan bukaan rana maksimum f/4 yang konstan dan memiliki internal image stabilization.

Lensa Zoom kedua adalah RF28-70mm f/2L USM keunggulan utamanya adalah bukaan rana maksimum f/2. Lensa lensa ini di temani dengan dua lensa prime yaitu, RF 50mm f/1.2L USM dan RF 35mm f/1.8 IS STM Macro.

Tapi pemilik lensa Canon seri lama tidak perlu khawatir karena Canon juga mengeluarkan adapter lensa EF ke EOS R dengan pengecualian lensa EF-M yang tidak support dengan adapter tersebut.

Video 4K dan Dua Pixel Raw

Canon EOS R juga akan menjadi model terkini yang mampu merekam video 4K UHD, dengan frame rates 30fps,24fps dan 24fps. Sementara video Full HD mampu merekam maksimum 120fps untuk output slow motion.

Fitur lainnya termasuk kemampuan burst shot 8 gambar perdetik, yang akan jatuh ke angka 5 gambar perdetik jika menggunakan opsi continuos autufocus. Dan juga ada fitur Dual Pixel Raw seperti yang tertanam dalam EOS 5D MARK IV.

Fitur ini membuat pengguna dapat merubah titik ketajaman terbaik di editing tentunya dengan menggunakan software bawaan Canon, DPP software.

EOS R mendukung penggunaan kartu memori SDHC dan SDXC namun hanya memilik 1 slot memori. Teknologi wireless WIFI dan BLUETOOTH juga tertanam didalamnya.

 

Body

Keunggulan mirrorles dari DSLR adalah Body-nya pasti lebih compact (dimensi lebih kecil) tapi ukuran sensor sama sama Full Frame.

Tanggal rilis dan perkiraan harga

Canon EOS R diperkiraka sudah bisa di pre order dari 12 september dan akan dijual bebas dari tanggal 9 oktober. Di United Kingdom kamera ini dibanderol dengan harga £2,349.99 untuk Body dan Adapter lensa saja. Sementara untuk Body, Adapter lensa serta lensa RF 24-105mm f/4L IS USM dibanderol dengan harga £3,269.99. Bila dirupiahkan kisaran kamera ini sekitar Rp 46 jutaan. Nah, jadi Anda pilih yang mana DSLR atau beralih ke Mirroless?

 

Penulis: Adam Zulfikar

Editor: Eliza Gusmeri

Sumber: Pelantar.id

About Adam 44 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*