Joker review: Transformasi Karakter yang Sempurna

Joker 2019
Joker 2019

*Film ini bukan film superhero, tidak dianjurkan untuk membawa anak kecil bahkan balita untuk menonton karena mengandung unsur kekerasan dan cerita yang bisa mempengaruhi pikiran anak.

Joker (2019) karya sutradara Todd Phillips telah tayang di bioskop di Indonesia. Film tentang Super Villain paling terkenal dari DC Comic ini telah di nanti sejak 2018 oleh penggemarnya. Dan tampaknya tidak mengecewakan.

Todd Phillips yang terkenal dengan karyanya seperti trilogi The Hangover, dan A Star Is Born dipercaya oleh Warner Bros sebagai sutradara. Terinspirasi dari karakter karakter film tahun 1970an seperti Taxi Driver dan The King Of Comedy, Todd cukup berhasil mengangkat origin story sang Joker yang berbeda dari sebelumnya.

Di versi yang sebelumnya, Joker adalah seorang penjahat yang terjatuh dalam limbah berbahaya yang menyebabkan perubahan fisik dalam dirinya. Dimana di film ini Joker adalah seorang badut jalanan bernama Arthur Fleck yang memiliki penyakit mental kemudian juga lingkungan dan nasib sialnya memaksanya berubah menjadi Joker.

Perubahan karakter seorang Arthur Fleck menjadi Joker diperankan dengan sangat bagus oleh Joaquin Phoenix. Dari seorang yang baik hati, pengalah sampai menjadi seseorang yang sangat keji.

Alur cerita yang sederhana juga menjadi salah satu daya tarik film ini. Ada sub plot tentang ambisi Thomas Wayne ayah dari Bruce Wayne kelak menjadi Batman, untuk menjadi Walikota Gotham. Namun agak tersamar karena transformasi Arthur. Padahal komentar pedas Thomas Wayne yang melahirkan gerakan topeng badut, sehingga terjadi kerusuhan. Bisa dibilang serentetan kejadian inilah yang melahirkan Joker dan Batman.

Penulis bisa mengerti kenapa film ini menimbulkan kontroversi, sebuah film yang bagus bisa membuat penonton ber empati dan bersimpati kepada karakter utama. Namun bukan menjadi pembenaran untuk bersikap seperti karakter film tersebut.

Bukan ini yang di khawatirkan sebenarnya oleh penulis, namun cara Todd Phillips yang disebut ter ‘inspirasi’ dari film tahun 70an. Terinspirasi atau plagiat terang terangan? Karena sangat mirip sekali karakter Joker ini dengan karakter di Taxi Driver dan The Kings Of Comedy yang diperankan oleh Robert deNiro, bahkan De Niro berperan sebagai Talkshow Host si film Joker ini. Apakah ini Joke sang Sutradara kepada penonton.

Terlepas darimana inspirasi sang sutradara. film Joker ini secara keseluruhan di eksekusi dengan baik, dan diperankan dengan sangat brilian oleh Joaquin Phoenix.

Score @UdahNonton: 8.5 / 10

About Adam 25 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*