Orang Hebat yang Meninggal dalam Dekade Terakhir

Teknomata.id- Gerak teknologi dan ilmu pengetahuan semakin hari kian cepat. Perubahan yang mempengaruhi system hidup manusia terus hadir melalui pemikiran, inovasi, dan keberanian para manusia jenius dari seluruh dunia.

Beberapa di antara mereka terus bergerak menciptakan sesuatu, beberapa lainnya harus berhenti, namun tetap meninggalkan jejak bagi generasi yang akan datang.

Dalam sepuluh tahun terakhir, masyarakat dunia telah menyaksikan banyak keajaiban dari para jenius. Bersamaan dengan itu, mereka juga harus menerima bahwa ada beberapa di antaranya telah selesai dengan tugas mulia tersebut, sebab dibatasi oleh kematian. Sebuah kenyataan pahit yang pasti dirasakan, walaupun penerus mereka terus bermunculan.

Berikut kami hadirkan beberapa jenius yang telah berpulang dalam 10 tahun terakhir dari laman CNet. Mereka memang telah tidak lagi hidup secara fisik, namun karya mereka akan tetap hidup seiring dengan kemudahan yang didapat masyarakat darinya.

1. Steve Jobs (2011)

Steve jobs

Steve Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011 karena kanker pangkreas. Co-founder Apple dan Chairman Pixar ini memiliki pencapaian luarbiasa dalam 56 tahun hidupnya.

Ia membantu masyarakat dunia dengan revolusi komputer, mempopulerkan mouse komputer, memanjakan pendengar lagu dengan pemutar music portable iPod berisi jutaan lagu, dan menjadikan smartphone sebagai produk mainstream dunia.

2. Dennis Ritchie (2011)

Dennis Ritchie

Setelah menjalani hidup dengan kondisi kesehatan yang buruk dalam beberapa tahun sebelumnya, Dennis Ritchie akhirnya meninggal pada 12 Oktober 2011 dalam usia 70 tahun.

Ia adalah seorang ilmuwan komputer terkenal internasional. Ritchie berhasil menciptakan bahasa pemrograman C dan memberikan kontribusi signifikan kepada Unix.

3. Neil Armstrong (2012)

Neil armstrong

Rasanya tidak ada yang tidak tahu dengan nama Komandan Apollo 11, Neil Armstrong. Ia menjadi orang pertama yang berjalan di bulan pada 20 Juli 1969 lalu.

Kita juga tentu mengingat kalimat terkenal yang diucapkannya “That’s one small step for man, one giant leap for mankind,” pada 25 Agustus 2012 lalu, Armstrong meninggal dunia pada usia 82. Ia meninggal setelah menjalani operasi bypass.

4. Aaron Swartz (2013)

Aaron Swartz

Aaron Swartz meninggal pada 11 Januari 2013 lalu pada usia yang masih sangat muda, 26 tahun. Peretas dan aktivis informasi ini meninggal dengan cara bunuh diri.

Semasa hidupnya Swartz ikut mendirikan situs web Reddit dan terlibat dalam pengembangan Creative Commons, RSS dan Y Combinator.

5. Douglas Engelbart (2013)

Douglas Engelbart

Douglas Engelbart adalah Pelopor computer, awal dikenal si San Francisco pada tahun 1968 ketika ia menampilkan semburan teknologi baru.

Selain memperkenalkan mouse komputer yang pertama kali dilihat publik di dunia, Engelbart juga melahirkan plus hyperlink, jendela yang dapat dinavigasi, hypertext, dan lain sebagainya.

Engelbart meninggal pada 2 Juli 2013 lalu pada usia 88. Ia bertahun-tahun menghabiskan hidup dengan penyakit Alzheimer.

6. Ray Dolby (2014)

Ra

Ray Dolby meninggal pada 12 September 2014 lalu karena leukemia pada usia 80 tahun. Ia adalah “Sound pioneer Dolby” Ray membantu mengembangkan perekam video dan menciptakan suara surround dan sistem pengurangan kebisingan yang dikenal sebagai Dolby NR.

7. Stephanie Kwolek (2014)

Stephanie Kwolek adalah ahli kimia yang menemukan serat anti peluru yang disebut Kevlar. Saat ini Kevlar banyak digunakan sebagai bahan rompi anti peluru, kabel serat optik dan banyak produk lainnya. Stephanie Kwolek meninggal pada usia 90 pada 18 Juni 2014.

8. Dave Goldberg (2015)

Dave Goldberg adalah CEO perusahaan polling online SurveyMonkey. Ia meninggal setelah jatuh dari treadmill saat berlibur di Meksiko pada 1 Mei 2015 lalu.

Goldberg adalah suami dari Sheryl Sandberg, chief operating officer Facebook.

9. Ray Tomlinson (2016)

Ray Tomlinson adalah orang yang mengembangkan sistem untuk mengirim pesan elektronik (e-mail), ia juga yang memilih tanda @ sebagai pemisah antara nama pengguna dan komputer.

Ray Tomlinson meninggal karena serangan jantung di usia 74 pada 5 Maret 2016 lalu. Mungkin kita bisa mengingat Ray Tomlinson saat kita mengirim e-mail.

10. Andy Grove (2016)

Andy Grove adalah pendiri perusahaan chip komputer Intel. Ia ikut menciptakan industri mikroprosesor.

Grove didiagnosis menderita penyakit Parkinson pada tahun 2000, dan meninggal pada 21 Maret 2016 pada usia 79 tahun.

11. Chris Barr (2017)

Chris Barr adalah Pelopor jurnalis teknologi. Barr adalah pemimpin redaksi pertama CNET dan ia juga bekerja di Yahoo. Dia meninggal karena kanker pada 21 Mei 2017 lalu di usia 64.

12. Paul Allen (2018)

Paul Allen adalah co-founded Microsoft, ia adalah seorang dermawan yang memiliki tim olahraga professional. Ia membiayai pesawat ruang angkasa pribadi pertama, SpaceShipOne.

Paul Allen juga mendirikan Institut Allen untuk Ilmu Otak dan banyak usaha lainnya. Paul Allen meninggal pada 15 Oktober 2018 di usia 65,ia meninggal karena komplikasi terkait limfoma non-Hodgkins.

13. Gary Burrell

Gary Burrell adalah co-founded Garmin, perusahaan pembuat perangkat GPS. Dia meninggal karena komplikasi penyakit Parkinson pada 12 Juni 2019 di usia 81 tahun.

Selain beberapa nama yang telah diketengahkan di atas, masih ada nama-nama popular yang telah mendahului kita.

Mereka memang telah meninggal, namun jejak kehadiran mereka melalui karya yang dihasilkan masih bisa kita rasakan. Mereka tetap hidup dengan karya yang memudahkan kerja manusia.

Content Writer: Bobby

About Adam 44 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*