Rivian R1T: Pick UP Double Cabin Full Elektrik Pertama Di dunia

Teknomata.id – Kendaraan pick up truck apalagi tipe double cabin kini semakin diminati oleh konsumen. Selain menambah kesan gagah bagi pengemudi juga sangat multifungsi.

Namun kekurangan kendaraan ini adalah bahan bakarnya yang boros dan tingkat polusi udara yang dihasilkan masih cukup tinggi.

Sebagai solusi sebuah perusahaan otomotif baru bernama Rivian menciptakan pickup double cabin yang bertenaga listrik.

Interior Rivian R1T yang lapang

Informasi tersebut diumumkan pada event Los Angeles Auto Show pada november lalu.

Rivuan merupakan mobil pick up bertenaga listrik yang diklaim memiliki baterai berkapasitas terbesar saat ini, yaitu 180Kwh dengan jarak tempuh 400mil atau 640 kilometer dalam satu kali charge.

Dengan pengerak empat roda yang independent menghasilkan masing masing 200hp setiap roda. Mobil ini juga diklaim memiliki torsi yang dahsyat 0-100km hanya dengan 3 detik.

Untuk mengantisipasi panas pada baterai yang besar ini disediakan sistem pendingin berupa cairan yang mengalir mendinginkan baterai. Sama fungsinya seperti radiator pada mesin mobil bahan bakar minyak.

Dengan lebar bodi 2meter dan panjang 5meter Rivian R1T memiliki kabin yang sangat lega. Karena tidak memiliki mesin layaknya mobil BBM, maka di bawah kap depan terdapat bagasi berkapasitas 330liter.

Bagasi depan Rivian R1T

Mobil ini memiliki payload seberat 800 kilogram dan towing capacity sebesar 5000 kilogram. Mampu juga berendam dalam air setinggi hingga 1 meter.

Empat lapis sistem navigasi Rivian R1T

Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai macam sensor canggih lima lapis sistem navigasi yaitu kamera, lidar sistem, radar sensor, ultrasonic sensor serta GPS.

Uniknya, Rivian dapat menyetir dengan sendirinya dengan teknologi level 3 autonomy hardware. Memungkinkan pengemudi beristirahat setelah hiking atau berolahraga outdoor yang melelahkan.

Saat ini, Rivian R1T sudah dapat di preorder melalui situsnya yaitu rivian.com dengan harga dimulai dari US$61.500 atau 890 juta rupiah.

 

Penulis: Adam Z

Editor: Eliza Gusmeri

About Adam 25 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*