Toyota Woven City: Konsep Kota Masa Depan dari Toyota

Teknomata.id- Ini salah satu keunikan dari CES 2020 atau Consumer Electronic Show ajang pamer teknologi terbaru dari brand brand ternama di dunia.

Di mana Sony mengumumkan sebuah mobil, dan Samsung sebuah bola pintar, Toyota malah mengumumkan sebuah kota konsep masa depan.

Dengan ekosistem yang terkoneksi dan ditenagai oleh tenaga hydrogen fuel cell Toyota menyebutnya dengan nama Toyota Woven City.

Toyota Woven City
Sumber foto: big.dk

Sebagai laboratorium hidup, di Woven City ini penghuni dan peneliti akan dapat langsung melakukan uji coba dan mengembangkan teknologi seperti mobilitas pribadi, rumah pintar, dan intelegensi buatan dalam lingkungan dunia sebenarnya.

Akio Toyoda Presiden dan CEO Toyota mengatakan Toyota saat ini fokus kepada empat hal yaitu Conectivity, Autonomy, Shared Mobility dan Electrification. Selain itu mereka juga tetap fokus kepada masa depan Artificial Inteligence, Mobility, Robotics Material Science, dan Sustainable Energy.

Untuk dapat mengembangkan semua itu maka dibutuhkan sebuah kota dimana eksperimentasi dan uji coba teknologi dapat di aplikasikan.

bekerjasama dengan Arsitek Bjarke Ingel
Sebuah bekas pabrik toyota berlokasi di kaki gunung Fuji dipilih sebagai lokasi pembangunan kota tersebut.

Toyota Woven City
Sumber foto: big.dk

Namun sebelum ground breaking dilaksanakan di awal tahun 2021. Akio juga mengatakan akan membangun virtual city dari kota tersebut untuk mempelajari kekurangan dan hambatan yang akan ditemui sebelum kota sebenarnya dibangun.

Kota Woven City ini yang dapat menampung 2000 orang dengan luas 71 hektar. Dan pada fase pertama penghuninya adalah peneliti dari Toyota, para lansia, ilmuwan dan masyarakat biasa.

Toyota juga membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan rekan rekan akademisi maupun industri yang tertarik untuk bergabung. Kira-kira Presiden Jokowi tertarik tidak ya berkolaborasi untuk membangun Ibu kota Indonesia yang baru?

About Adam 44 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*