10 tahun Perjalanan Android, Operating System Raksasa Masa Kini

Android Pie (Google)

Tahun ini Android O.S merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Waktu yang cukup lama untuk membangun operating system berbasis linux untuk smartphone tersebut. Wajar saja, pada akhirnya Android mampu menjadi penguasa pasar smartphone hingga sekarang. Penggunanya pun terbanyak di dunia dan mengalahkan Apple.

oleh : Adam Zulfikar

Teknomata.id – Dalam sejarahnya, Mobile Operating System ini diperkenalkan pada ponsel pertama Android HTC G1 atau lebih populer dengan sebutan HTC Dream di tahun 2018. Ponsel ini dirancang dengan O.S yang tidak stabil dan sebagai pilihan alternatif ‘murah’ selain Apple.

Namun, Android terus di-upgrade setiap tahun  hingga pembaharuan terkini saat ini adalah Android Pie. Sekarang Android menjadi Operating System yang mendominasi pengguna smartphone dan tentunya kehadirannya sangat membantu.

Berbeda sebelum masa kelahirannya, bayangkan, bagaimana banyak orang berkomunikasi? Mari kita lihat apa yang terjadi pada tahun 2007 sebelum Android lahir.

Persaingan Mobile Operating System

Palm meluncurkan operating system pertamanya pada tahun 1996 dengan fitur Phonebook, Memopad dan Address. Palm merupakan Personal Digital Assistant (PDA) yang menjalankan Palm OS. Kemudian, tahun tahun berikutnya menyusul email dan 16bit color screen.

Sementara, Microsoft Windows Mobile keluar pada tahun 2000. Untuk proyek ini, Microsoft bekerja sama dengan beberapa manufaktur ponsel besar saat itu seperti Nokia dan Sony. Di luar Amerika Serikat, Symbian O.S menguasai pasar dunia lebih dulu.

Pada tahun 2007, Blackberry muncul dan menguasai pasar ponsel canggih. Dengan Blackberry curve 8310 pengguna cukup puas dengan membuka Email dan Facebook di HP. Kehadiran Blackberry mampu menutupi pamor Palm O.S, Symbian, dan Windows Mobile yang sudah mulai mengembangkan Operating Systemnya sendiri di awal tahun 2000-an.

 

Blackberry Curve 8310

Di tahun 2005 Android.inc dibeli oleh Google, yang saat itu sedang mengembangkan sebuah mobile operating system untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile.

Pada Januari 2007 Steve Jobs mengumumkan ponsel Iphone pada pertama kalinya. Dengan layar touchscreen-nya yang intuitive dan apps-apps iconnya yang menarik.

Ponsel ini disambut baik oleh umat manusia pada saat itu. Namun, masih di bawah Blackberry penjualannya.

Pada akhir 2007 yaitu November, ponsel Android pertama diluncurkan. Bersamaan dengan terbentuknya lembaga bernama Open Handset Alliance atau OHA sebuah konsorsium yang terdiri dari perusahaan perusahaan hardware, software, penyedia layanan internet dan produsen ponsel.

Hal itu bertujuan membuat sebuah mobile operating system terbuka berbasis Android untuk dapat bersaing dengan operating system lainnya seperti Apple, Symbian dan juga Windows Mobile.

‘HP’ alternatif selain Apple.

Sejak diluncurkan HTC Dream pada akhir 2007. Google dan Android terus memperbaiki Operating Systemnya dan menjuluki tiap update barunya dengan nama-nama penganan manis, dari mulai Cupcakes, Donut, Froyo, Ice cream sandwich, Jelly bean, Kit kat, Marshmellow, Oreo, Nougat, hingga yang baru ini rilis yaitu Android Pie.

Ponsel berbasis Android digemari banyak orang karena keunikan sistem operasinya yang terbuka (open source) sehingga developer-developer aplikasi dan software engineer dapat menciptakan sendiri user experience dan user interface-nya sendiri. Lain halnya dengan Apple Iphone yang hingga kini memiliki operating sistem yang tertutup untuk umum.

Dengan bertambah stabilnya Android OS dalam tiap update nya, bertambah mahal dan canggih juga ponsel Androidnya. Yang tadinya ponsel android dipilih oleh konsumen karena harganya yang relatif lebih murah dari Iphone, saat ini untuk bisa menikmati semua keunggulan operating system di ponsel android konsumen harus rela mengeluarkan puluhan hingga belasan juta.

 

Jumlah penjualan ponsel Android dari tahun ke tahun (sumber infografis: statista)

 

Duopoly raksasa mobile O.S era milenial

Saat ini hanya ada dua pilihan mobile operating system pada smartphone, yaitu Android atau IOS. Namun, berkat sifat dari Android O.S yang lebih flexible dan open source maka berbagai macam versi dan rentang harga smartphone android tersedia, sehingga Android saat ini telah menjadi mobile operating system yang paling banyak digunakan di dunia.

Bukan hanya di ponsel tetapi Android juga tersedia di tablet, televisi, dan wearables seperti smartwatch. Ironisnya, yang tadinya IOS dituduh sebagai sebuah ekosistem tertutup yang membuat penggunanya tergantung kepada ekosistem tersebut, sekarang adalah android dan google yang seperti membuat pengguna tergantung kepada ekosistem google, dari chrome browser, google search, google maps, hingga google playstore.

Padahal setiap manufaktur ponsel mengembangkan masing masing search engine, dan memiliki app store tersendiri. Contoh yang paling baru adalah komisi Eropa yang mendenda Google sebesar lima milyar euro karena melanggar undang-undang antitrust dengan memaksa manufaktur tetap menginstall aplikasi-aplikasi Google terutama Google search dan Chrome Browser pada ponsel Androidnya. Sehingga menutup persaingan yang sehat dengan developer-developer aplikasi mobile lainnya.

 

Tampilan Android 9 Pie (sumber foto: The Verge)

Masa depan Android dan A.I

Melalui update terbarunya yaitu Android 9 Pie, yang diluncurkan pada bulan juli 2018 – handset Google Pixel dan Pixel 2 adalah salah satu handset yang sudah menerima update terbaru tersebut. Android akan lebih memfokuskan pengembangan artificial inteligence atau kepintaran buatan ke dalam systemnya.

Namun, pengembangan ini baru pada tahap awal seperti menghapal habit pengguna contohnya App Actions sebuah fitur baru yang ada di dalam App Drawer yang fungsinya menghapal prilaku pengguna, misalnya saat pengguna menggunakan headphone playlist lagu yang sering didengar akan muncul di App Drawer sehingga menghemat pengguna beberapa step.

Kemudian ada lagi fitur Well Being yang saat ini masih dalam tahap Beta, di IOS fitur ini disebut dengan Screen Time. Pada dasarnya fitur-fitur ini adalah inisiatif yang membuat limitasi dalam penggunaan ponsel yang berlebihan.

Dengan segala kemajuan teknologi yang dimiliki oleh Android dan ekosistem Google yang semakin membuat pengguna tergantung kepadanya, menjadi pertanyaan akankah ada di masa depan nanti muncul sebuah mobile operating system yang baru yang dapat bersaing ataupun menggantikan raksasa mobile operating system ini? Sepertinya tidak dalam waktu dekat ini. Bagaimana menurut Anda?

editor: Eliza Gusmeri

About Adam 44 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*