Apa itu Attack Hardware dan Bagaimana Melindungi Data Dari Serangan Digital

peretasan dengan kabel usb

Mungkin anda pernah mendengar saran untuk tidak mencas ponsel anda dengan kabel USB publik untuk terhindar dari peretasan. Nah ada baiknya anda mendengarkan saran tersebut karena bisa jadi kabel USB publik tersebut adalah sebuah Attack Hardware.

Artikel ini akan membahas apa itu attack hardware , apa saja jenis-jenisnya, dan bagaimana agar terhindar dari peretasan sebuah attack hardware.

Apa Itu Attack Hardware

Attack Hardware adalah istilah yang mengacu pada perangkat fisik apa pun yang dapat digunakan untuk membahayakan keamanan sistem,data atau jaringan komputer maupun ponsel.

Ataack hardware  bisa berbagai macam bentuk, Ia dapat berbentuk seperti alat sederhana seperti drive USB, atau  kabel data USB  yang dapat menyuntikkan virus atau mengambil paksa data anda.

Ada juga perangkat yang lebih canggih seperti Wireless Sniffer atau Rogue Access Point yang dapat mencegat dan mengambil data anda saat terkoneksi pada suatu jaringan.

Attack hardware dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mencuri data, memata-matai pengguna, mengganggu layanan, atau mendapatkan akses tidak sah.

 

Beberapa jenis perangkat keras serangan yang umum adalah:

– USB Rubber Ducky dan kabel data

Perangkat ini adalah perangkat yang dapat dicolokkan ke port USB dan menjalankan kode berbahaya pada target sistem. bisa berupa USB Drive atau kabel charger.

Misalnya, USB Rubber Ducky istilahnya, Ia adalah perangkat yang meniru keyboard dan dapat mengetikkan perintah atau skrip yang telah ditentukan sebelumnya. USB Killer adalah perangkat yang dapat menghasilkan lonjakan tegangan tinggi dan merusak perangkat keras sistem target.

usb rubber ducky
USB Rubber Ducky

– Keyloggers

Ini adalah perangkat yang dapat merekam penekanan tombol pengguna dan mengirimkannya ke penyerang jarak jauh. Keyloggers dapat berbasis perangkat keras atau berbasis perangkat lunak. Keylogger berbasis perangkat keras biasanya melekat pada kabel keyboard atau di dalam keyboard itu sendiri dan lebih sulit dideteksi daripada keylogger berbasis perangkat lunak.

– Wireless Sniffer

Ini adalah perangkat yang dapat menangkap dan menganalisis lalu lintas jaringan nirkabel. Sniffer nirkabel dapat digunakan untuk menguping komunikasi, memecahkan kunci enkripsi, atau menyuntikkan paket berbahaya.

– Rouge Acces Point

Ini adalah perangkat yang dapat membuat jaringan nirkabel palsu dan mengelabui pengguna agar terhubung ke jaringan tersebut. Misalnya meniru sebuah WIFI Publik dilokasi umum seperti hotel,bandara, restoran, rumah sakit, dan lain lain.

Rouge Acces Point dapat digunakan untuk melakukan serangan man-in-the-middle, di mana penyerang dapat mencegat dan memodifikasi data antara pengguna dan jaringan yang sah. Rouge Acces Point juga dapat digunakan untuk meluncurkan serangan phishing, di mana peretas dapat menampilkan halaman login atau situs web palsu kepada pengguna dan mencuri kredensial atau informasi pribadi mereka.

Lindungi Diri Dari Peretasan Attack Hardware

Untuk melindungi diri Anda dari reatasan attack hardware, Anda bisa mengikuti beberapa praktik keamanan dasar berikut ini:

  • Hindari mencolokkan perangkat USB yang tidak dikenal ke sistem Anda atau menggunakan port pengisian daya USB publik. Jika Anda perlu menggunakan perangkat USB dari orang lain, pindai dengan perangkat lunak antivirus sebelum menggunakannya.
  • Gunakan kata sandi dan enkripsi yang kuat untuk jaringan dan perangkat nirkabel Anda. Jangan sambungkan ke jaringan nirkabel yang tidak aman atau asing. Jika memungkinkan, gunakan layanan VPN (virtual private network) untuk mengenkripsi lalu lintas online Anda.
  • Berhati-hatilah terhadap email atau situs web phishing yang meminta Anda memasukkan informasi pribadi atau keuangan. Selalu periksa URL dan pengirim email sebelum mengeklik tautan atau lampiran apa pun.
  • Selalu perbarui sistem dan perangkat lunak Anda dengan tambalan dan pembaruan keamanan terbaru. Gunakan perangkat lunak antivirus dan firewall terkemuka untuk melindungi sistem Anda dari malware dan intrusi.

Serangan perangkat keras adalah ancaman serius yang dapat membahayakan privasi dan keamanan Anda. Dengan mengetahui jenis dan metode serangan perangkat keras dan mengikuti beberapa tip keamanan sederhana, Anda dapat mengurangi risiko menjadi korban peretasan sebuah attack hardware.

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*