Apa Itu Otentikasi 2 Faktor dan Mengapa Penting untuk Dimiliki

women browsing
photo pexels by karolina

Seiring berjalannya waktu semakin banyak aplikasi yang kita gunakan dan kita download kedalam ponsel kita. Semakin sering juga kita memberikan informasi pribadi kita ke internet.

Aplikasi-aplikasi yang kita gunakan juga tidak terhindar dari peretasan, dari aplikasi belanja online yang terkenal sampai aplikasi chat terbesar didunia yaitu Whatsapp contohnya.

Untuk itu diperlukan keamanan yang berlapis untuk menjaga privasi data kita yang ada di aplikasi-aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan mengaktivasi Otentikasi 2 faktor. Artikel ini akan menjelaskan lebih dalam apa itu otentikasi 2 Faktor dan Beberapa Pilihan Aplikasi Otentikasi 2 Faktor yang bagus.

Apa itu Otentikasi 2 Faktor

Otentikasi 2 faktor (2FA) adalah metode keamanan yang memerlukan dua informasi untuk memverifikasi identitas Anda saat Anda masuk ke akun online. Misalnya, Anda mungkin perlu memasukkan kata sandi dan kode yang dikirimkan ke ponsel atau email Anda. Dengan cara ini, meskipun seseorang mengetahui kata sandi Anda, mereka tidak dapat mengakses akun Anda tanpa faktor kedua.

2FA penting untuk dimiliki karena menambahkan lapisan perlindungan ekstra ke akun online Anda dan mencegah akses tidak sah. Jika seseorang mencoba meretas akun Anda, mereka akan diblokir oleh tantangan 2FA dan Anda akan diberi tahu tentang upaya tersebut. 2FA juga dapat membantu Anda memulihkan akun jika Anda lupa kata sandi atau kehilangan perangkat.

Beberapa Pilihan Aplikasi Otentikasi 2 Faktor

Ada banyak aplikasi 2FA untuk ponsel yang dapat Anda gunakan untuk membuat kode atau menerima notifikasi untuk akun online Anda. Beberapa yang populer adalah:

google authenticator
google authenticator

Google Authenticator

Aplikasi ini berfungsi dengan banyak situs web dan layanan yang mendukung 2FA, seperti Gmail, Facebook, Dropbox, dll. Anda dapat memindai kode QR atau memasukkan kunci rahasia untuk mengatur akun Anda dan kemudian menggunakan aplikasi untuk menghasilkan kode setiap kali Anda masuk.

Authy

Aplikasi ini juga berfungsi dengan banyak situs web dan layanan yang mendukung 2FA, dan memiliki beberapa fitur tambahan seperti pencadangan cloud, sinkronisasi multi-perangkat, dan akses offline. Anda juga dapat menggunakan Authy untuk menghasilkan kode bagi aplikasi lain yang menggunakan Google Authenticator.

Microsoft Authenticator

Aplikasi ini berfungsi dengan akun dan layanan Microsoft, seperti Outlook, Skype, OneDrive, dll. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menghasilkan kode atau menyetujui permintaan masuk dengan ketukan di ponsel Anda.

Demikian penjelasan tentang Otentikasi 2 Faktor semoga artikel ini dapat membantu dalam meningkatkan keamanan data di ponsel anda, dan terhindar dari peretasan.

 

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*