Apa itu BTS 4G, Proyek yang Membuat Menkominfo Johnny G Plate Ditangkap KPK

menara BTS

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate baru-baru ini ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G.

Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka setelah Kejagung mengusut kasus BTS 4G.

Adapun fokus Kejagung adalah infrastruktur pendukung Paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo 2020-2022.

Lantas apa itu proyek BTS 4G yang membuat Menkominfo tersandung kasus dan bagaimana sumber dananya? Berikut penjelasannya

Pengertian dan Fungsi BTS 4G

BTS merupakan singkatan dari Base Transceiver Station, suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

Fungsi BTS adalah mengirim dan menerima sinyal radio ke perangkat komunikasi seperti telepon seluler, telepon rumah dan sejenis gawai lainnya.

Kemudian, sinyal radio tersebut akan diubah menjadi sinyal digital yang selanjutnya dikirim ke terminal lainnya menjadi sebuah pesan atau data.

Jadi BTS merupakan rangkaian yang memiliki peran untuk membantu masyarakat dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya yang terpisah oleh jarak dan waktu.

Instalasi BTS biasanya dilakukan di sebuah tower, menara dan bangunan tinggi lainnya, agar sinyal yang dipancarakan dapat menjangkau area yang luas.

Arahan Presiden Jokowi untuk Wilayah 3T

Sementara, Presiden Joko Widodo sendiri menekan proyek BTS ini sebagai upaya percepatan transformasi digital agar merata di seluruh Tanah Air.

Menanggapi arahan Presiden, Kemkominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) berupaya melakukan pembangunan pemerataan akses internet itu.

Penyediaan sinyal 4G dan akses internet tidak hanya berfokus pada wilayah urban, tetapi juga di pelosok desa berpemukiman serta wilayah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T).

Dalam pengerjaannya, BAKTI Kemkominfo bekerja sama operasi (KSO) dengan perusahaan operator seluler yang memiliki lisensi di Indonesia.

Kerja sama KSO ini adalah langkah lanjutan memastikan tersedianya suplay sinyal 4G di 7.904 desa dan kelurahan di wilayah 3T.

Adapun Sekitar 5.204 dari total lokasi berada di Papua dan Papua Barat atau sekitar 65 pekerjaannya.

Tersandung Kasus Korupsi

Sayangnya, pembangunan BTS 4G ini justru mangkrak di beberapa menara hingga muncul kasus korupsi.

Bahkan, kerugian negara dalam pekara tersebut mencapai Rp 8,32 triliun lebih.

Padahal, di awal kasus Kejagung menduka kerugian ini mencapai Rp 1 triliun.

Namun penyidikan daari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyebut kerugian negara ini mencapai Rp 8 triliun.

Kejagung pun telah menetapkan lima tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek BTS 4G ini, termasuk Menkominfo, Johnny G Plate.

Content Writer: Maliana

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*