Apakah Anda Sudah Memiliki Password yang Kuat? Cari tahu Disini

password yang kuat teknomata.id

Password yang kuat adalah password yang sulit ditebak dan mudah diingat. Password harus cukup panjang, mengandung campuran karakter, dan menghindari pola umum atau informasi pribadi.

Tapi apakah anda sudah memiliki kata sandi yang kuat untuk aplikasi anda? silahkan cek disini untuk melihat seberapa kuat kata sandi atau password anda.

Di passwordmonster.com anda dapat mengecek seberapa kuat kata sandi yang anda miliki. Jika ternyata sudah kuat selamat! namun jika password anda masih lemah simak artikel ini lebih lanjut.

Kata sandi yang kuat dapat membantu melindungi akun dan data online Anda dari peretas dan penjahat dunia maya.

Berikut adalah beberapa tip tentang cara membuat kata sandi yang kuat:

Gunakan kalimat dan spasi.

Daripada sandi yang menggunakan satu kata seperti “pasword123” coba gunakan frasa atau kalimat seperti “AkuCintaKamu”, coba masukkan di passwordmonster.com dan lihat hasilnya. Tentunya gunakan kalimat yang hanya kamu ketahui dan mudah diingat.

passwordmonster.com teknomata.id
passwordmonster.com

Gunakan setidaknya 12 karakter.

Semakin panjang kata sandi Anda, semakin sulit untuk dipecahkan. Kata sandi 12 karakter membutuhkan waktu berabad-abad untuk dipecahkan dengan serangan brute-force, sementara kata sandi 6 karakter dapat dipecahkan dalam hitungan menit.

Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

Ini meningkatkan kemungkinan kombinasi kata sandi Anda dan membuatnya lebih tidak dapat diprediksi. Misalnya, alih-alih menggunakan “password123”, Anda dapat menggunakan “P@ssw0rd!23”.

Gunakan Password Manager.

Aplikasi password manager selain dapat mengorganisir kata sandi anda, dapat juga membuat password yang kuat. Tentunya anda bisa memilih berbagai aplikasi pasword manager yang sesuai dengan kebutuhan anda

Cara Memilih Aplikasi Pengelola Kata Sandi atau Password Manager

Hindari penggunaan kata atau frasa yang mudah ditebak atau berhubungan dengan Anda.

Ini termasuk nama Anda, tanggal lahir, alamat, nama hewan peliharaan, film favorit, dll. Peretas dapat menggunakan petunjuk ini untuk menebak kata sandi Anda atau menggunakannya dalam serangan kamus, di mana mereka mencoba kata atau frasa umum hingga menemukan kecocokan. Misalnya, alih-alih menggunakan “harrypotterfan”, Anda dapat menggunakan “H@rryP0tt3rF@n”.

Hindari menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun.

Jika salah satu akun Anda disusupi, peretas dapat menggunakan kata sandi Anda untuk mengakses akun Anda yang lain. Anda harus memiliki kata sandi unik untuk setiap akun yang Anda gunakan online. Untuk membantu Anda mengingat kata sandi, Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola kata sandi yang menyimpan dan membuat kata sandi dengan aman untuk Anda.

Ubah kata sandi Anda secara teratur.

Tindakan ini dapat mengurangi risiko kata sandi Anda terungkap atau dicuri dari waktu ke waktu. Anda harus mengganti kata sandi Anda setidaknya setiap enam bulan atau setiap kali Anda mencurigai adanya pelanggaran.

Anda juga harus mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) di akun Anda jika memungkinkan. Ini menambah lapisan keamanan ekstra dengan meminta kode atau perangkat untuk memverifikasi identitas Anda saat Anda masuk.

Apa Itu Otentikasi 2 Faktor dan Mengapa Penting untuk Dimiliki

Membuat kata sandi yang kuat adalah langkah penting untuk melindungi privasi dan keamanan online Anda. Dengan mengikuti tips ini, Anda bisa membuat kata sandi yang sulit diretas dan mudah diingat.

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*