Berkenalan Dengan Bing AI, Saingan ChatGPT Milik Microsoft yang Bisa Jawab Berbagai Pertanyaan

Bing AI

Microsoft telah mengintegrasikan ChatGPT pada mesin pencarinya yaitu Bing sejak awal MEi 2023 lalu, namun apa saja kelebihannya dibanding ChatGPT serta apa saja kekurangan dari Bing AI.

Artikel akan  membahas apa saja kelebihan serta kekurangan dari Bing AI, sebuah AI chatbot dari Microsoft yang baru diluncurkan pada awal Mei 2023 lalu.

AI chatbot milik Microsoft ini didukung oleh teknologi yang sama seperti ChatGPT. Klaim dari Microsoft menyebut, Bing AI miliknya lebih kuat daripada ChatGPT.

“Bing baru memiliki fitur obrolan yang ditenagai oleh versi generasi berikutnya dari model bahasa besar OpenAI, menjadikannya lebih kuat daripada ChatGPT,” ujar Yusuf Mehdi, wakil presiden Microsoft, dikutip dari Bloomberg, Jumat (12/5/2023).

Dengan adanya Bing AI versi baru ini, para penggunanya bisa mengajukan pertanyaan dan mendapat jawaban yang lebih terperinci seperti manusia.

Bahkan, Bing AI mengklaim jawaban mereka juga bisa menghubungan dengan sumber asli dan berbagai informasi terkini.

Chatbot pada dasarnya juga bisa membantu kebutuhan manusia di bagian kreatif seperti menulis puisi, cerita, lagu, dan menghasilkan gambar dari teks menggunakan “Bing’s Image Creator” di platform yang sama.

Adapun, Bing sendiri resmi diluncurkan pada 7 Februari 2023 oleh Microsoft secara terbatas.

Namun, pada 4 Mei 2023 kemarin, Microsoft akhirnya menyediakan Bing AI ini secara publik yang bisa langsung terhubung dengan akun Microsoft mereka.

Saat Microsoft mengumumkan Bing chatbot pada bulan Februari, chatbot disebut akan berjalan pada model bahasa besar OpenAI generasi berikutnya yang disesuaikan khusus untuk pencarian.

Microsoft mengatakan, model bahasa besar generasi berikutnya (LLM) yang menggerakkan Bing baru lebih cepat, lebih akurat, dan “lebih mampu” daripada ChatGPT atau GPT-3.5, LLM di belakang ChatGPT.

Kelebihan Bing AI

Fitur Baru

Berbeda dari chatbot lainnya, Bing AI menambahkan fitur seperti kemampuan untuk meminta dan memposting gambar.

Para pengguna dapat mencari gambar, misalnya boneka beruang, lalu dapat bertanya “Bagaimana cara membuatnya” lalu Alat AI akan menyarankan situs web yang menyediakan tutorial membuatnya juga jenis proyek kerajikan lain untuk ditelusuri.

Integrasi ChatGPT dan Mesin Pencari Bing.

Bing AI memiliki kelebihan bisa menjawab pertanyaan dari isu isu terkini, sementara ChatGPT terbatas pengetahuannya sampai dengan tahun 2020. Ini karena ChatGPT di Bing telah terintegrasi dengan Search Engine atau mesin pencari Bing yang selalu update dengan berita berita terkini.

Limitasi Bing AI

Microsoft telah membuat beberapa batasan pada Bing AI chatbot, terutama terkait dengan cara orang  berinteraksi dengannya.

Bing AI akan menolak melakukan beberapa tugas karena batasan yang ditempatkan oleh Microsoft.

Misalnya, jika pengguna meminta untuk menulis serangkaian tweet marah-marah dengan gaya penulis tertentu, itu akan memberi tahu pengguna tentang gaya penulis, tetapi menolak untuk menulis tweet.

Hal itu dilakukan karena berpotensi menyinggung atau menyakiti seseorang.

Jika pengguna menghapus kemarahan itu, maka akan menghasilkan tweet meskipun subjek yang diminta negatif.

Microsoft juga membatasi jumlah pertanyaan yang dapat pengguna tanyakan pada Bing AI chatbot tanpa memulai sesi baru. Sebagian disebabkan fakta bahwa hal itu dapat menjadi tidak menentu tanpa pengaturan ulang berkala.

Jika pengguna melihat bahwa itu memberikan hasil yang aneh atau menolak menjawab pertanyaan, pengguna dapat mengeklik ikon sapu untuk memulai kembali.

Bing chatbot tidak selalu berperilaku persis seperti yang pengguna harapkan. Misalnya, Bing chatbot ini dapat memberikan jawaban yang sangat berbeda untuk puisi yang sama jika ditanya di beberapa sesi.

Bisa juga seperti membuat kesalahan atau tampaknya mengada-ada, dan bahkan bisa langsung menolak untuk melakukan tugas.

Kontributor: Mal

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*