Berkenalan Dengan Mastodon, Social Network Saingan Twitter

mastodon social network
mastodon social network

Mastodon adalah sebuah platform media sosial baru berbentuk jaringan, diciptakan oleh Eugene Rochko pada tahun 2016.

Di artikel kali ini mari kita berkenalan lebih dekat dengan Mastodon Social Network, berikut fitur-fitur dan juga perbedaannya dengan Twitter.

Mastodon adalah sebuah platform media sosial baru berbentuk jaringan, diciptakan oleh Eugene Rochko pada tahun 2016. Berbeda dari Twitter, Mastodon tidak dimiliki oleh satu perusahaan atau organisasi, melainkan terdiri dari ribuan jaringan sosial yang saling berhubungan, yang disebut sebagai server atau instance.

Setiap server memiliki aturan dan kebijakan sendiri, serta moderator yang mengawasi aktivitas di dalamnya. Pengguna Mastodon dapat membuat akun di server mana pun yang mereka sukai, dan tetap dapat berinteraksi dengan pengguna di server lain melalui teknologi federasi.

Fitur-fitur Unggulan Mastodon

Tidak ada Iklan

Tidak ada iklan atau algoritma yang mengatur isi linimasa. Anda dapat melihat postingan dari orang-orang yang anda ikuti secara kronologis, tanpa gangguan dari sponsor atau rekomendasi.

Toot bukannya Tweet

Postingan di Mastodon disebut sebagai “toot”, yang memiliki batas karakter 500, lebih panjang dari tweet yang hanya 280 karakter.

Kostumisasi Deskripsi

Anda dapat menambahkan deskripsi aksesibilitas, jajak pendapat, peringatan konten, avatar animasi, emoji kustom, dan kontrol pemotongan gambar pada toot anda.

Tingkat Privasi

Anda dapat memilih tingkat privasi toot anda, apakah mau publik, tidak terdaftar, hanya pengikut, atau langsung kepada orang tertentu.

Spesifik Grup

Anda dapat bergabung dengan grup-grup berdasarkan minat atau topik tertentu, yang disebut sebagai “tagar terdaftar”.

Tersedia di IOS dan Anroid.

Anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi di iOS dan Android untuk mengakses akun Mastodon anda.

tampilan mastodon
Tampilan mastodon di PC

Perbedaan Mastodon dan Twitter

 Jaringan Terdesentralisasi

Mastodon adalah jaringan terdesentralisasi yang terdiri dari banyak node yang dijalankan secara independen, yang dikenal sebagai instance. Setiap instans memiliki kode etik, persyaratan layanan, kebijakan privasi, dan pengaturan privasinya sendiri ¹. Ini memungkinkan pengguna untuk memilih instans yang selaras dengan nilai dan preferensi mereka.

Moderasi Konten

Moderasi konten di Mastodon ditangani oleh administrator dari setiap instans, yang dapat menetapkan peraturan dan panduannya sendiri ³. Ini berbeda dengan Twitter, di mana moderasi konten ditangani secara terpusat oleh perusahaan.

Pengaturan Privasi

Mastodon menawarkan pengaturan privasi yang lebih terperinci daripada Twitter. Misalnya, pengguna dapat memilih siapa yang dapat melihat postingan mereka dan siapa yang dapat mengikutinya.

Sumber Terbuka (Open Source)

Mastodon adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (open source), artinya siapa pun dapat menjalankan instans mereka sendiri atau berkontribusi pada pengembangannya.

Secara keseluruhan, Mastodon menawarkan pengalaman yang lebih berbasis komunitas dan dapat disesuaikan daripada Twitter ¹²³.

Kelebihan dan kekurangan Mastodon antara lain:

– Kelebihan

Kelebihan Mastodon adalah anda memiliki lebih banyak kontrol dan fleksibilitas atas pengalaman media sosial anda.

Anda dapat memilih server yang sesuai dengan nilai-nilai dan kepentingan anda, serta menghindari iklan dan manipulasi algoritma.

Anda juga dapat berkontribusi pada pengembangan dan perbaikan Mastodon sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka.

Apa itu TubeBuddy Dan Bagaimana Cara Kerjanya

– Kekurangan

Kekurangan Mastodon adalah anda mungkin kesulitan menemukan orang-orang yang anda kenal atau ingin ikuti di Twitter, karena mereka mungkin tidak ada atau tersebar di server-server yang berbeda.

Anda juga harus mempercayai administrator server anda untuk menjaga privasi dan keamanan data anda, serta mengikuti aturan-aturan yang mereka tetapkan.

Mastodon adalah sebuah alternatif media sosial yang menarik dan inovatif, yang memberikan anda lebih banyak kebebasan dan tanggung jawab dalam berkomunikasi secara online. Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Jika anda mencobanya temui kami di Mastodon.

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*