Cara Kerja Siri, Alexa, Google Assistant yang Terbukti Membantu Menghilangkan Stres

meditating with alexa
Photo by Anete Lusina Pexels.com

Ada kalanya kamu melalui hari buruk, entah karena pekerjaan atau karena perbuatan orang lain.

Ada juga saat dimana kerusakan terjadi di alat elektronik Anda secara tiba-tiba dan membuat stress.

Umumnya Anda akan menenangkan diri karena merasa lelah setelah melewati hari yang buruk.

Lantas bagaimana jika Anda bisa mengatakan, “Alexa, bantu saya rileks,” dan membiarkan teknologi memandu Anda menuju ketenangan?

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara kerja dari asisten virtual yang memberikan manfaat terlebih untuk membantu menghilangkan stress.

Jenis Asisten Suara

Ada perdebatan lama tentang asisten suara mana yang terbaik, misalnya, Siri vs Alexa atau Amazon Alexa vs Google Assistant.

Tetapi semuanya menawarkan fitur unik. Misalnya, Alexa lebih dari sekadar asisten belanja virtual.

Selain memiliki kemampuan untuk membantu Anda melawan kecemasan dan stres, Amazon terus memperluas penawaran kesehatannya.

Pada saat yang sama, Google menawarkan berbagai layanan kesehatan seperti Google Health Studies, DermAssist, dan penilaian mandiri medis.

Sementara itu, jika Anda sudah menjadi penggemar Apple, Siri dapat terhubung ke aplikasi Kesehatan iPhone Anda, memberikan saran kesehatan, dan bahkan mengingatkan Anda saat istirahat kesehatan mental.

Membantu Meditasi dan Relaksasi

Panduan meditasi dan latihan relaksasi seperti GPS untuk otak Anda.

Mereka mengarahkan Anda ke jalan menuju ketenangan, bahkan ketika stres menyebabkan kebuntuan mental.

Dengan memberikan panduan verbal (terkadang dengan musik latar yang menenangkan), meditasi dapat menuntun Anda selangkah demi selangkah menuju keadaan tenang.

Dan bagian terbaiknya? Asisten suara Anda siap dan menunggu untuk memandu Anda dalam perjalanan ini.

Contohnya, katakan saja, “Hai Alexa, mainkan meditasi hari ini di Headspace” yang akan memberikan dosis ketenangan harian Anda.

Memberikan Latihan Pernapasan

Pernapasan yang efektif dapat membantu mengelola stres dan kecemasan serta meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Teknik-teknik ini melibatkan pengendalian laju, ritme, dan kedalaman napas Anda secara sadar.

Asisten suara dapat memandu Anda melalui berbagai latihan ini, contohnya katakan saja, “Alexa, bimbing saya melalui sesi Deep Breath.”

Alexa akan memberikan panduan langkah demi langkah, membantu Anda memperlambat detak jantung dan menenangkan pikiran.

Memberikan Kutipan Motivasi

Afirmasi positif dan kutipan motivasi dapat membantumu membentuk kembali pola pikir Anda, meningkatkan kepercayaan diri, dan mendorong motivasi.

Dengan bantuan asisten suara Anda, kutipan tersebut bisa didapatkan setiap hatinya.

Katakan saja “Siri, bagikan kutipan yang menginspirasi,” dan biarkan kata-katanya menetapkan niat Anda untuk hari itu.

Membantu Akses Dukungan Soal Kesehatan mental

Dalam hal kesehatan mental, sumber daya dan dukungan yang tepat dapat menjadi penyelamat.

Coba saja seperti “Hai Google, temukan profesional kesehatan mental lokal”.

Dalam hitungan detik, Anda akan memiliki akses ke bantuan langsung atau detail kontak pakar lokal.

Ada banyak sekali bantuan yang tersedia, mulai dari saluran bantuan dan terapis hingga artikel berwawasan, video yang mencerahkan, dan podcast.

Content writer : Maliana

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*