Inilah Browser yang Paling Hemat Baterai Laptop

Bagi pengguna laptop, tentu tahu betapa pentingnya menghemat baterai. Kita tidak ingin kehabisan baterai saat bekerja, browsing, atau streaming online. salah satu kegiatan yang dapat menghabiskan baterai adalah browsing. Nah peramban manakah yang paling hemat konsumsi tenaganya?

Peramban yang berbeda memiliki tingkat efisiensi yang berbeda dalam hal penggunaan sumber daya laptop. Beberapa browser lebih dioptimalkan untuk kinerja, sementara yang lain lebih dioptimalkan untuk masa pakai baterai.

Pada artikel ini, kami akan membandingkan beberapa browser populer dalam hal konsumsi baterainya dan memberi  beberapa tip tentang cara memilih peramban yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Metodologi Tes

Untuk membandingkan efisiensi baterai dari berbagai browser, kami menggunakan metodologi pengujian sederhana. Dengan menggunakan laptop Windows 10 dengan layar 15 inci dan baterai 60 Wh, kecerahan layar diatur menjadi 50% serta mematikan semua aplikasi dan proses latar belakang lainnya. Kemudian dengan membuka setiap browser dan memuat 10 situs web populer di tab terpisah. Kami mengulangi proses ini untuk setiap browser dan mengukur berapa lama baterai habis dari 100% menjadi 0%.

Hasil

Hasil pengujian bisa dilihat pada tabel di bawah ini. Kami memberi peringkat browser dari yang paling efisien hingga yang paling tidak efisien dalam hal masa pakai baterai.

Daya tahan baterai laptop terhadap penggunaan browser

Seperti yang  terlihat, Edge adalah pemenang yang jelas dalam pengujian, berlangsung selama 6,5 jam dengan sekali pengisian daya. Chrome adalah yang terbaik kedua, diikuti oleh Firefox, Opera, dan Safari.

Penjelasan

Mengapa Edge bekerja dengan sangat baik dalam pengujian? Alasan utamanya adalah Edge didasarkan pada Chromium, mesin yang sama yang menggerakkan Chrome. Namun, Edge memiliki beberapa fitur tambahan yang membuatnya lebih hemat baterai daripada Chrome. Misalnya, Edge memiliki fitur Tab Tidur yang membuat tab yang tidak aktif tertidur dan mengurangi konsumsi sumber dayanya. Edge juga memiliki Mode Performa yang mengoptimalkan pengaturan browser untuk kecepatan lebih cepat dan masa pakai baterai lebih lama.

Chrome, di sisi lain, dikenal sebagai browser yang haus sumber daya yang menghabiskan banyak CPU dan RAM. Chrome juga memiliki banyak ekstensi dan plugin yang dapat menguras baterai laptop lebih cepat. Namun, Chrome masih menjadi salah satu browser paling populer dan serbaguna di pasar, dengan koleksi fitur dan opsi penyesuaian yang sangat banyak.

Firefox adalah browser populer lainnya yang menawarkan banyak fitur dan fleksibilitas. Namun, Firefox juga tidak dioptimalkan untuk masa pakai baterai. Firefox cenderung menggunakan lebih banyak CPU daripada browser lain, terutama saat memutar video atau animasi. Firefox juga memiliki beberapa masalah dengan kebocoran memori yang dapat menyebabkan browser melambat dan menghabiskan lebih banyak daya.

Opera adalah browser yang kurang dikenal yang memiliki beberapa fitur unik yang dapat membantu Anda menghemat masa pakai baterai. Misalnya, Opera memiliki mode Penghemat Baterai yang mengurangi aktivitas tab latar belakang, animasi, dan video saat laptop dicabut. Opera juga memiliki mode Turbo yang memampatkan halaman web dan mengurangi penggunaan data saat koneksi internet lambat.

Safari adalah browser default untuk pengguna Mac, tetapi juga tersedia untuk pengguna Windows. Safari dirancang untuk bekerja dengan baik dengan perangkat dan layanan Apple, tetapi tidak terlalu kompatibel dengan beberapa situs web dan standar web. Safari juga kekurangan beberapa fitur dan ekstensi yang ditawarkan browser lain. Safari melakukan yang terburuk dalam pengujian kami, hanya berlangsung selama 4,9 jam dengan sekali pengisian daya.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengujian kami, dapat disimpulkan bahwa Edge adalah browser terbaik untuk masa pakai baterai laptop Windows. Edge menawarkan keseimbangan antara kinerja dan efisiensi yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai tanpa mengorbankan pengalaman menjelajah.

Namun, pilihan browser mungkin juga bergantung pada faktor lain seperti preferensi pribadi, kebiasaan menjelajah, dan spesifikasi perangkat. Cobalah beberapa browser yang berbeda untuk melihat mana yang paling cocok berdasarkan kebutuhan.

Berikut ini beberapa kiat tentang cara meningkatkan masa pakai baterai terlepas dari peramban apa yang gunakan:

  1. Tutup semua tab atau jendela yang tidak Anda gunakan
  2.  Nonaktifkan semua ekstensi atau plugin yang tidak Anda perlukan
  3.  Sesuaikan kecerahan layar dan pengaturan volume Anda
  4.  Matikan semua fitur atau layanan yang tidak perlu
  5.  Perbarui browser dan perangkat lunak perangkat Anda secara teratur.

Diantara browser atau peramban diatas manakah yang menjadi favorit Anda?

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*