Cara Memilih Project Management Apps Yang Cocok Untuk Tim Anda

team meeting

sebagai pimpro atau pimpinan project ada baiknya menggunakan software atau aplikasi project management, untuk mengetahui perkembangan proyek yang sedang anda laksanakan, dan juga untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab masing masing anggotanya.

Namun saat ini ada begitu banyak aplikasi dan software manajemen tersebut di internet, bagaimana memilih yang cocok untuk proyek anda? Artikel ini akan mencoba membantu memilih beberapa Project Management Software yang bisa membantu dalam pekerjaan anda.

cara memilih project management software yang sesuai

Sesuaikan dengan kebutuhan bisnis

Anda harus mengetahui apa tujuan dan masalah bisnis Anda dan mencari software yang dapat memberikan solusi efektif untuk itu.

Cek fitur dan fungsinya

Software manajemen proyek harus menawarkan fitur yang fungsinya dapat mendukung proses kerja Anda, seperti otomatisasi, integrasi, pelacakan waktu dan sumber daya, analisis data, dan pembuatan alur kerja.

Pilih berbasis Cloud atau lokal

Software manajemen proyek bisa berbasis cloud (Saas) atau lokal (on-premise). Saas biasanya lebih mudah diakses dari mana saja dan lebih murah, tetapi mungkin memiliki masalah keamanan dan ketergantungan internet. Lokal biasanya lebih aman dan fleksibel, tetapi mungkin memerlukan biaya instalasi dan pemeliharaan yang tinggi.

Lakukan tes terlebih dulu

Sebelum membeli software manajemen proyek, Anda harus mencoba versi demo atau trial terlebih dulu untuk melihat apakah software tersebut sesuai dengan harapan dan kebutuhan Anda.

Dapatkan feedback dari tim Anda

Anda harus melibatkan tim Anda dalam proses pemilihan software manajemen proyek, karena mereka juga akan menggunakan software tersebut. Mintalah pendapat mereka tentang fitur, fungsi, kemudahan penggunaan, dan kepuasan mereka terhadap software tersebut.

Evaluasi biaya

Anda harus mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan software manajemen proyek, termasuk biaya lisensi, langganan, instalasi, pemeliharaan, pelatihan, dan dukungan. Bandingkan biaya tersebut dengan manfaat yang didapatkan dari software tersebut.

Implementasi

Anda harus memastikan bahwa software manajemen proyek yang Anda pilih dapat diimplementasikan dengan mudah dan cepat di tim Anda. Anda juga harus memastikan bahwa ada dukungan teknis yang tersedia jika ada masalah atau kendala dalam penggunaan software tersebut.

beberapa project management software yang bagus

trello logo

Trello

Trello adalah software yang memiliki sistem user-centered dan interface yang menarik dan interaktif. Trello menggunakan konsep board dan card untuk mengatur dan mengelola proyek dan tugas. Trello juga mendukung kolaborasi end-to-end dan pengelompokan tim.

Review Aplikasi Trello Project Management App

 

logo basecamp apps

Basecamp

Basecamp adalah software yang membantu mendelegasikan tugas dan memastikan bahwa mereka terorganisir dengan baik. Pengguna dapat membuat to-do list, berbagi file, berdiskusi, mengatur jadwal, dan melacak kemajuan proyek. Basecamp juga memiliki fitur pemberitahuan, laporan, dan integrasi.

 

bitrix24

 

Bitrix24

Bitrix24 adalah software yang merupakan project management, kolaborasi, dan CRM yang memperhitungkan semua orang yang terlibat dalam proyek. Bitrix24 memiliki fitur seperti chat, video call, kalender, dokumen, email, dan lain-lain. Bitrix24 juga dapat diakses dari web, desktop, atau mobile.

 

mavelink

Mavenlink

Mavenlink adalah software yang dirancang untuk tim kreatif dan profesional. Mavenlink memiliki fitur seperti manajemen sumber daya, pelacakan waktu dan biaya, analisis kinerja, fakturasi, dan integrasi.

 

asana app

 

Asana

Asana adalah software yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola proyek dalam bentuk daftar, papan, kalender, atau timeline. Asana juga memiliki fitur seperti komentar, lampiran, subtask, tag, prioritas, dan integrasi.

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*