Ini Cara Percepat Laptop yang Lambat Loading

pexels-andrea-piacquadio-3807747
foto pexels by andrea piacquadio

ada beberapa cara sederhana untuk mempercepat laptop Anda yang berjalan lambat yang tidak memerlukan keahlian teknis tinggi  atau upgrade hardware yang mahal.

Jika Anda merasa frustrasi dengan kinerja laptop Anda yang melambat, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna laptop mengalami masalah ini dari waktu ke waktu, terutama jika mereka menggunakan laptop mereka untuk banyak tugas dan menyimpan banyak file di dalamnya.

Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk mempercepat laptop Anda yang berjalan lambat yang tidak memerlukan keahlian teknis tinggi  atau upgrade hardware yang mahal.

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda meningkatkan kecepatan dan kinerja laptop Anda yang melambat.

8 cara tingkatkan kinerja laptop yang melambat

Nyalakan ulang laptop secara teratur

Ini mungkin terdengar biasa saja, tapi memulai ulang laptop Anda dapat mengosongkan sebagian memori dan menutup semua program yang berjalan di belakang yang memperlambat sistem Anda.
Anda sebaiknya me-restart laptop Anda setidaknya sekali seminggu, atau lebih sering jika Anda merasakannya menjadi lamban.

Perbarui software dan Operating System secara berkala

Memperbarui sistem operasi dan aplikasi di laptop dapat memperbaiki bug atau masalah keamanan apa pun yang dapat memengaruhi kinerja laptop.

Periksa pembaruan secara manual atau mengaturnya untuk diinstal secara otomatis di pengaturan laptop. Anda juga harus memperbarui driver, yaitu perangkat lunak yang memungkinkan komponen perangkat keras laptop berkomunikasi dengan sistem operasi.

Hapus program dan file lama

Seiring waktu, pekerjaan anda dapat mengumpulkan banyak program dan file yang tidak Anda perlukan lagi. File file ini dapat menghabiskan ruang disk yang berharga dan memperlambat waktu pengaktifan dan loading laptop Anda.

Hapus semua program yang tidak digunakan dari panel kontrol laptop, dan hapus file yang tidak diperlukan dari folder.

Anda juga dapat menggunakan alat pembersih disk untuk menghapus file sementara, file cache, atau sampah lain yang mungkin mengotori disk Anda.

Gunakan penyimpanan awan atau Cloud Storage

Cara lain untuk mengosongkan sebagian ruang disk dan mempercepat laptop adalah dengan menggunakan layanan penyimpanan cloud, seperti OneDrive, Google Drive, atau Dropbox.

Layanan ini memungkinkan Anda menyimpan file secara online dan mengaksesnya dari perangkat apa pun, tanpa menghabiskan ruang di local disk laptop.

Anda juga dapat menyinkronkan file Anda di beberapa perangkat, sehingga Anda selalu memiliki versi terbaru dari dokumen Anda.

Periksa virus dan malware

Virus dan malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat menginfeksi laptop Anda dan merusak kinerja, keamanan, atau fungsinya. Mereka juga dapat mencuri informasi pribadi Anda atau menampilkan iklan atau popup yang tidak diinginkan di layar Anda.

Selalu menginstal program antivirus atau update Windows Security di laptop Anda dan memindainya secara teratur untuk mencari ancaman apa pun.

Hindari mengeklik tautan atau lampiran yang mencurigakan di email atau situs web, dan mengunduh perangkat lunak hanya dari sumber terpercaya.

Upgrade RAM Laptop

RAM adalah singkatan dari random access memory, dan ini adalah penyimpanan sementara yang digunakan laptop Anda untuk menjalankan beberapa program sekaligus. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin cepat laptop Anda dapat melakukan tugas dan beralih antar aplikasi.

Jika ternyata laptop Anda berjalan lambat bahkan setelah mengikuti tip sebelumnya, Anda mungkin perlu mengupgrade RAM Anda. Anda dapat memeriksa berapa banyak RAM yang Anda miliki dan berapa banyak yang dapat Anda tambahkan dengan melihat spesifikasi model laptop Anda atau menggunakan alat seperti Crucial Advisor.

 

Cara Memblokir Pelacak di Smartphone Menggunakan Duck Duck Go Browser

 

Tambah storage hard drive di laptop

Komponen perangkat keras lain yang memengaruhi kecepatan laptop Anda adalah hard drive, tempat semua file dan program Anda disimpan secara permanen. Ada dua jenis hard drive: HDD (hard disk drive) dan SSD (solid state drive).

HDD menggunakan disk berputar untuk menyimpan data, sedangkan SSD menggunakan chip memori flash. SSD lebih cepat, lebih tenang, dan lebih andal daripada HDD, tetapi juga lebih mahal dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih sedikit. SSD dapat meningkatkan kecepatan laptop anda secara signifikan.

Pantau kebiasaan berinternet

Terakhir, salah satu faktor yang dapat memengaruhi kecepatan laptop Anda adalah koneksi dan penggunaan internet Anda.

Jika Anda memiliki koneksi internet yang lambat atau tidak dapat diandalkan, Anda mungkin mengalami kelambatan atau buffering saat menjelajah web atau streaming video atau musik online.

Anda dapat memeriksa kecepatan internet Anda menggunakan alat seperti Speedtest.net dan menghubungi penyedia layanan internet Anda jika Anda mengalami masalah.

Anda juga dapat mengoptimalkan penggunaan internet dengan menutup semua tab atau jendela yang tidak diperlukan, menggunakan pemblokir iklan untuk mencegah pemuatan iklan yang tidak diinginkan, dan membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama dengan laptop Anda.

Kesimpulan

Semoga dengan mengikuti beberapa tips ini, anda dapat meningkatkan performa laptop dan menikmati pengalaman komputasi yang lebih lancar dan lebih cepat.

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*