Close Contact Detector, Aplikasi Deteksi Virus Corona

ilustasi

Teknomata.id – Untuk mengurangi penyebaran coronavirus, China telah membuat aplikasi yang dapat memberikan peringatan ketika seseorang berada dekat orang sakit. Aplikasi itu bernama Close Contact Detector.

Menurut kantor berita pemerintah China, XInhua, aplikasi Close Contact Detector memungkinkan pengguna memeriksa status mereka dengan memindai kode QR menggunakan aplikasi seperti Alipay, WeChat atau QQ.

Aplikasi ini dapat digunakan saat dekat dengan banyak orang, di rumah hingga berguna untuk para medis yang berada dekat pasien. Aplikasi ini akan memberi tahu bahwa seseorang dideteksi dekat dengan sumber virus.

Persyaratan penggunaan aplikasi ini adalah mendaftarkan nomor telepon, pengguna perlu memasukkan nama dan nomor identitas nasional. Tujuannya agar pemerintah Tiongkok lebih mudah mengawasi dan melacak aktivitas warganya yang terpapar virus.

Platform ini akan membantu pengguna saat berada di keramaian seperti transportasi umum, termasuk kereta api dan penerbangan.

Sejak aplikasi ini muncul Sabtu lalu, sudah ada 100 juta permintaan yang menginginkan Close Contact Detector.

Namun, sebaliknya ada yang menyangkan bahwa platform ini kemungkinan akan meningkatkan beberapa masalah privasi data di China.

Menurut Xinhua aplikasi ini dibuat oleh departemen pemerintah setempat dan China Electronics Technology Group Corporation serta dukungan data dari otoritas kesehatan dan transportasi China.

About mero 31 Articles
seniberjalan.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*