Dilengkapi Sensor, Cek Popok Bayi Cukup dari Ponsel

Teknomata.id – Popok basah membuat bayi tak nyaman dan orang tua acapkali kurang tidur karena harus mengecek popok bayi pada malam hari. Namun, saat ini Anda tidak perlu berulang kali melakukan tindakan tersebut.

Baru-baru ini sebuah sensor dapat dipasang di popok sang bayi untuk mengetahui atau memberi tahu apakah popok sang bayi basah; buang air besar dan ngompol.

Dilansir dari the verge, sensor bernama RFID (Radio frequency identification) ini dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). RFID berfungsi mendeteksi kelembapan popok, memberi sinyal penerima di dekatnya, dan mengirim notifikasi.

Sensor ini ditanamkan ke dalam hidrogel yang biasanya ditemukan dalam popok sekali pakai. Cara kerjanya adalah ketika basah, hidrogel mengembang dan menjadi cukup konduktif untuk memicu tag mengirim sinyal ke reader RFID dalam radius satu meter.

Tag ini terdiri dari transponder radio kecil; penerima dan pemancar radio. Ketika dipicu oleh elektromagnetik dari perangkat RFID terdekat, tag mengirimkan data digital.

RIFD juga dilengkapi dengan bidang elektromagnetik untuk secara otomatis mengidentifikasi dan melacak tag yang melekat pada objek.

Uniknya lagi pengiriman sinyal ini tidak memerlukan baterai melainkan dengan bantuan jaringan WI-FI yang berada di rumah dan dipasangkan bersebelahan dengan tempat tidur bayi. Notifikasinya langsung terkirim ke ponsel orang tuanya.

Brand yang sudah menggunakan teknologi ini adalah merk Lumi hingga Huggies juga memiliki popok Bluetooth pintar yang mendeteksi saat bayi buang air kecil dan besar. Memang terbilang mahal karena menyediakan Bluetooth berukuran besar yang dapat dilepas dan memerlukan pembersihan rutin.

About mero 31 Articles
seniberjalan.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*