Google Pixel 7a, Kelebihan Dan Kekurangannya

Google Pixel 7a adalah smartphone kelas menengah terbaru dari Google, yang diluncurkan pada acara Google I/O 2023 pada 10 Mei.

Ponsel Google ini menawarkan beberapa peningkatan signifikan dalam hal performa, tampilan, kamera dan pengisian daya.

Pada artikel ini, kami akan mengulas fitur dan spesifikasi utama Pixel 7a, serta kekurangan dan kelebihannya.

 Desain dan tampilan

Pixel 7a mengikuti bahasa desain Google saat ini yaitu bentuk yang mengotak, dengan lubang kamera depan di bagian atas tengah.

Ponsel ini tersedia dalam empat warna: Charcoal, Snow, Sea, dan Coral (yang terakhir eksklusif di Google Store).

Ponsel ini juga terbuat dari bahan daur ulang, seperti aluminium, kaca, dan plastik, serta fitur Corning Gorilla Glass untuk daya tahan.

Tampilan Pixel 7a adalah layar OLED 6,1 inci dengan resolusi 2400 x 1080 piksel dan kecepatan refresh hingga 90Hz.

Ini berarti layar dapat menyesuaikan kecepatan penyegarannya tergantung pada konten, menghasilkan animasi dan pengguliran yang lebih halus. Layar juga mendukung HDR10+ untuk meningkatkan kontras dan warna.

Performa dan baterai

Pixel 7a ditenagai oleh chip Tensor G2 milik Google, yang merupakan prosesor yang dibuat khusus yang mengintegrasikan kecerdasan buatan dan kemampuan pembelajaran mesin.

Chip Tensor G2 juga dilengkapi dengan chip keamanan Titan M2 untuk meningkatkan perlindungan data dan privasi Anda.

Ponsel ini memiliki RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, tetapi tidak ada opsi untuk memperluas penyimpanan melalui kartu microSD.

Baterai Pixel 7a adalah unit 4.385mAh yang mendukung pengisian kabel 18W dan pengisian nirkabel. Menurut Google, baterainya bisa bertahan hingga 10 jam dengan sekali pengisian daya, tergantung penggunaan.

Kamera

Pixel 7a memiliki pengaturan dua kamera di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 64MP dan kamera ultra lebar 12MP.

Kamera utama memiliki aperture f/1.89 dan mendukung optical image stabilization (OIS) dan electronic image stabilization (EIS). Kamera ultra lebar memiliki bukaan f/2.2 dan bidang pandang 120 derajat.

Kamera belakang dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 60fps.

Kamera depan Pixel 7a adalah kamera 13MP dengan aperture f/2.2 yang dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps.

Kamera depan juga mendukung Face Unlock, yang menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel Anda dengan aman.

Pixel 7a juga mendapat upgrade perangkat lunak untuk fotografi, seperti HDR+, Night Sight,Portrait Mode, Super ResZoom, dan Cinematic Pan Sinematik.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan Magic Eraser, yang memungkinkan Anda menghapus objek yang tidak diinginkan.

Pro dan kontra

Pixel 7a adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang mencari smartphone kelas menengah dengan kamera luar biasa, performa mulus, dan masa pakai baterai yang lama.

Ponsel ini juga menawarkan pengalaman Android yang bersih dan cepat dengan jaminan pembaruan selama tiga tahun. Ponsel ini juga mendukung konektivitas 5G untuk kecepatan data yang lebih cepat.

Namun, Pixel 7a juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin menghalangi beberapa pembeli.

Ponsel tidak memiliki slot kartu microSD untuk ekspansi penyimpanan, juga tidak memiliki jack headphone untuk audio kabel.

Ponsel ini juga kekurangan beberapa fitur yang umum di ponsel kelas menengah lainnya, seperti pengisi daya cepat dengan watt tinggi atau kamera telefoto beresolusi tinggi.

Kesimpulan

Google Pixel 7a adalah smartphone kelas menengah yang solid yang menghadirkan sebagian besar aspek yang penting bagi pengguna. Ini memiliki desain yang ramping, tampilan yang cerah, prosesor yang kuat, baterai yang tahan lama, dan kamera yang mengesankan. Ini juga memiliki beberapa fitur unik yang membedakannya dari ponsel lain dalam kisaran harganya, seperti chip Tensor G2 dan alat Magic Eraser.

Namun, Pixel 7a tidak sempurna, dan mungkin tidak sesuai dengan preferensi atau kebutuhan semua orang. Ponsel ini memiliki opsi penyimpanan terbatas, tidak ada jack headphone dan tidak ada kamera telefoto.

Harganya juga lebih mahal dari pendahulunya, Pixel 6a, yang mungkin membuatnya kurang menarik bagi pembeli yang sadar anggaran.

Jika Anda ingin ponsel Google terbaru dan pengalaman ponsel dengan stock android ini bisa jadi pilihan, namun jika tidak maka banyak pilihan ponsel yang lebih baik daripada ini.

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*