Huawei P40 Pro dan P40 Akan Dirilis Tanpa Google

Huawei P30 Pro

Teknomata.id- Huawei telah mengumumkan akan merilis smartphone terbaru mereka di Paris, Prancis pada bulan Maret 2020 mendatang.

Mengutip Techradar (12/12), foto Smartphone generasi terbaru yang diberi nama P40 dan P40 Pro ini bahkan sempat muncul di sebuah situs ulasan gadget asal Tiongkok, GizChina, walaupun tampilan yang terlihat hanya memperlihatkan sebagian sisi sampingnya saja.

Sembari menunggu waktu rilis resminya, mari simak beberapa hal menarik tentang P40 dan P40 Pro berikut:

Google Mobile Services

1. Rilis Tanpa Google Mobile Service (GMS)

Tanpa sokongan GMS yang menjadi jembatan dalam akses ke Google Play Store dan aplikasi Google lain, Huawei P40 dan P40 Pro akan menjalankan EMUI 10 dengan basis Android 10 dan disokong oleh Huawei Mobile Service (HMS).

HMS sendiri telah dikembangkan sejak 2018 lalu dan saat ini telah digunakan di Mate 30 Pro, generasi sebelum P40 dan P40 Pro.

2. Generasi Kedua Huawei Tanpa GMS

Sebelum P40 dan P40 Pro, ada Mate 30 Pro adalah smartphone Huawei lain yang dirilis tanpa layanan GMS. Mate 30 Pro menjadi smartphone pertama yang rilis setelah Huawei masuk dalam daftar sanksi dari Amerika Serikat (AS). Sanksi tersebut tidak membolehkan Huawei bertransaksi dengan produk asal AS tanpa ada persetujuan dari pemerintah AS.

3. Desain yang Belum Pernah Dilihat

CEO Consumer Huawei, Richard Yu mengabarkan kalau P40 dan P40 Pro yang akan segera dirilis akan tampil beda dari segi desain. Ia meyakini kedua smartphone tersebut memiliki desain yang belum pernah dilihat sebelumnya.

 Fan made Huawei P40 Pro

Meskipun demikian, gambar yang diduga P40 Pro di laman GizChina tersebut memperlihatkan bentuk layar yang melengkung seperti Mate 30 Pro. Dari gambar tersebut juga terlihat benjolan di bagian belakang yang signifikan.

4. Peningkatan Kualitas Kamera

Richard Yu juga membawa kabar baik dengan peningkatan kualitas gambar yang akan dihasilkan dari kamera Huawei P40 and P40 Pro. Techradar dalam ulasannya meyakini P40 dan P40 Pro akan terpasang Kamera Leica Penta.

Dengan spesifikasi Sony IMX686 1 / 1,7 Inci dengan OIS, bersama dengan 20 MP ultra wide kamera, lensa telefoto 12 MP (Periscope), kamera makro dan sensor ToF.

5. Layar Resolusi Tinggi dan Dapur Pacu Bertenaga

Mengutip dari situs T3, P40 dan P40 Pro diyakini akan memiliki resolusi layar yang cukup tinggi, dengan resolusi mencapai 2K. Sementara untuk dapur pacunya sendiri, diprediksi akan ditanam kirin 980 yang bisa menjangkau jarinan 5G. Sedangkan untuk RAM, ponsel ini diprediksi akan didukung oleh RAM dengan kapasitas di atas 8 GB.

Terlepas dari tidak adanya dukungan GMS pada Huawei Mate 30 Pro, daya serap pasar akan ponsel ini dan generasi sebelumnya sejatinya tidak begitu berdampak. Hal ini tentu karena memang Google tidak digunakan di Tiongkok.

Kondisi ini diyakini juga akan berlaku pada P40 dan P40 Pro. Meskipun sebagian besar pembelinya adalah masyarakat Tiongkok sendiri, Huawei tetap mampu bersaing dengan memiliki pangsa pasar terbesar setelah Samsung.

Writer: Bobby

About Adam 44 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*