Ini Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

Layar laptop rentan terhadap debu, sidik jari, dan noda. Mereka dapat mempengaruhi kejernihan dan kualitas tampilan, dan bahkan menyebabkan ketegangan mata.

 

Karena itu, penting untuk membersihkannya secara teratur dan benar. Namun, tidak semua layar laptop sama, dan beberapa metode pembersihan dapat merusaknya. Berikut beberapa tips cara membersihkan layar laptop dengan aman dan efektif.

  • Pertama, kenali jenis layar laptop. Ada dua jenis utama: LCD (liquid crystal display) dan LED (light-emitting diode). Layar LCD memiliki lapisan tipis kristal cair yang diapit di antara dua panel kaca. Layar LED mirip dengan layar LCD, tetapi mereka menggunakan dioda pemancar cahaya sebagai pengganti lampu neon untuk menerangi layar. Kedua jenis layar peka terhadap tekanan dan kelembapan, sehingga harus ditangani dengan hati-hati.
  • Kedua, kumpulkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membersihkan layar laptop, seseorang membutuhkan kain mikrofiber yang lembut, botol semprot berisi air suling atau larutan pembersih layar, dan kain kering atau handuk kertas. Jangan gunakan air ledeng, alkohol, amonia, atau pembersih abrasif, karena dapat merusak layar atau meninggalkan goresan. Selain itu, hindari penggunaan handuk kertas atau tisu, karena dapat menggores layar atau meninggalkan serat.
  • Ketiga, matikan laptop dan cabut dari sumber listrik. Ini akan mencegah sengatan listrik atau kerusakan pada laptop. Selain itu, tunggu hingga layar menjadi dingin sebelum membersihkannya.
  • Keempat, seka layar dengan lembut menggunakan kain mikrofiber. Mulai dari satu sudut dan bergerak melintasi layar dengan gerakan melingkar. Jangan menekan atau menggosok terlalu keras, karena dapat merusak piksel atau menyebabkan distorsi warna. Jika ada noda atau bekas yang membandel di layar, semprotkan air sulingan atau larutan pembersih layar ke kain dan seka lagi. Jangan semprotkan langsung ke layar, karena dapat menyebabkan cairan merembes ke tepi atau retakan layar.
  • Kelima, keringkan layar dengan kain kering atau handuk kertas. Pastikan tidak ada kelembapan yang tersisa di layar, karena dapat menyebabkan noda atau korosi. Juga, periksa apakah ada goresan atau noda pada layar dan bersihkan dengan kain bersih.

Tips Menjaga Kemanan Ponsel di Saat Mudik Lebaran

Terakhir, nyalakan laptop dan nikmati tampilan yang jernih dan cerah. Membersihkan layar laptop secara teratur akan membantu memperpanjang umur dan kinerjanya. Ini juga akan meningkatkan pengalaman dan kenyamanan menonton seseorang.

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*