Marak Serangan Siber, Ini Pentingnya Paham Cybersecurity

apa itu cybersecurity

Serangan siber yang menimpa layanan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) baru-baru ini masih menjadi sorotan publik.

Dari serangan ini, munculah kata cybersecurity atau keamanan siber yang seharusnya dimiliki oleh para perusahaan yang menggunakan layanan teknologi.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu keamanan siber, mengapa penting, dan bagaimana cara bekerja dan tantangannya.

Apa itu Keamanan Siber?

Cybersecurity atau keamanan siber adalah perlindungan untuk mempertahankan perangkat dan layanan yang terhubung ke internet dari serangan berbahaya oleh peretas, pengirim spam, dan penjahat dunia maya.

Praktik ini digunakan oleh perusahaan untuk melindungi dari skema phishing, serangan ransomware, pencurian identitas, pelanggaran data, dan kerugian finansial.

Mengapa Keamanan Siber Penting dan Bagaimana Tantangannya?

Di dunia digital saat ini, keamanan siber tidak dapat diabaikan sebab adanya satu pelanggaran keamanan dapat menyebabkan terungkapnya informasi pribadi jutaan orang.

Pelanggaran ini memiliki dampak keuangan yang kuat pada perusahaan, seperti yang dialami BSI dan juga parahnya bisa menyasar kepada hilangnya kepercayaan pelanggan.

Oleh karena itu, keamanan dunia maya sangat penting untuk melindungi bisnis dan individu dari pelaku spam dan penjahat dunia maya.

Di sisi lain, teknologi yang terus berkembang juga menimbulkan tantangan dalam menerapkan strategi keamanan siber yang efektif.

Perangkat lunak terus berubah ketika diperbarui dan dimodifikasi yang memperkenalkan masalah dan kerentanan baru dan membukanya untuk berbagai serangan dunia maya.

Selain itu, infrastruktur IT juga berkembang dengan banyak perusahaan yang telah memigrasikan sistem on-premise mereka ke cloud yang memperkenalkan serangkaian masalah desain dan implementasi baru yang menghasilkan kategori kerentanan baru.

Skala Ancaman Keamanan Siber

Menurut Forbes, di tahun 2022 akan memberi kita serangkaian tantangan keamanan dunia maya yang beragam dan menakutkan.

Seperti serangan ransomware yang baru-baru ini dialami BSI, lalu akan ada gangguan rantai pasokan hingga peningkatan risiko perangkat pintar hingga kekeringan bakat keamanan dunia maya yang berkelanjutan.

Menurut Cybercrime Magazine , kejahatan dunia maya akan merugikan dunia $10,5 triliun per tahun pada tahun 2025.

Selain itu, biaya kejahatan dunia maya global diperkirakan akan meningkat hampir 15 persen setiap tahun selama empat tahun ke depan.

Konsep-konsep seperti pandemi, cryptocurrency, dan peningkatan kerja jarak jauh bersatu untuk menciptakan lingkungan yang memperbesar target yang dimanfaatkan oleh para penjahat.

Apa itu Attack Hardware dan Bagaimana Melindungi Data Dari Serangan Digital

Bagaimana Keamanan Cyber ​​Bekerja?

Keamanan dunia maya mencakup teknologi, proses, dan metode untuk mempertahankan sistem komputer, data, dan jaringan dari serangan. Untuk menjawab pertanyaan bagaimana keamanan siber bekerja, dapat dibagi menjadi beberapa subdomain sebagai berikut:

– Keamanan Aplikasi

Keamanan aplikasi mencakup penerapan pertahanan yang berbeda dalam perangkat lunak dan layanan organisasi terhadap beragam ancaman. Sub-domain ini membutuhkan pakar keamanan dunia maya untuk menulis kode keamanan, merancang arsitektur aplikasi yang aman, menerapkan validasi input data yang kuat, dan banyak lagi, untuk meminimalkan kemungkinan akses tanpa izin atau modifikasi sumber daya aplikasi.

– Keamanan Cloud

Keamanan cloud terkait dengan pembuatan arsitektur dan aplikasi cloud yang aman untuk perusahaan yang menggunakan penyedia layanan cloud seperti Amazon Web Services, Google, Azure, Rackspace, dll.

– Manajemen Identitas dan Keamanan Data

Subdomain ini mencakup aktivitas, kerangka kerja, dan proses yang memungkinkan otorisasi dan otentikasi individu yang sah ke sistem informasi organisasi. Langkah-langkah ini melibatkan penerapan mekanisme penyimpanan informasi yang kuat yang mengamankan data, baik dalam transisi atau berada di server atau komputer. Selain itu, sub-domain ini lebih banyak menggunakan protokol autentikasi, baik dua faktor maupun multi faktor.

– Keamanan Seluler

Keamanan Seluler adalah masalah besar saat ini karena semakin banyak orang mengandalkan perangkat seluler. Subdomain ini melindungi informasi organisasi dan pribadi yang disimpan di perangkat seluler seperti tablet, ponsel, dan laptop dari berbagai ancaman seperti akses tidak sah, kehilangan atau pencurian perangkat, malware, virus, dll. Selain itu, keamanan seluler menggunakan otentikasi dan pendidikan untuk membantu memperkuat keamanan .

Apakah Anda Sudah Memiliki Password yang Kuat? Cari tahu Disini

Kesimpulan

Keamanan siber merupakan hal yang sangat penting di dunia teknologi karena ada begitu banyak ancaman serangan siber di masa depan.

Untuk itu, sebuah perusahaan sangat perlu untuk meningkatkan keamanan siber mereka agar masyarakat dapat dengan tenang menggunakan teknologi yang berkaitan.

Kontri: Mal

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*