Mengenal TalkBack, Fitur yang Digunakan Putri Ariani untuk Balas Komentar Netizen

Sosok Putri Ariani baru-baru ini menjadi viral saat menjadi peserta dari Indonesia yang mengikuti ajang pencarian bakat American’s Got Talent.

Dalam ajang tersebut, Putri Ariani yang merupakan penyandang tunanetra menyanyikan lagu ciptaannya sendiri dan langsung memukau para juri dan penonton melalui suaranya yang begitu merdu.

Bahkan dari penampilannya itu, juri senior Simon Cowell sampai memberikan Golden Buzzer kepadanya.

Putri pun kemudian menjadi sorotan netizen Indonesia yang ramai memujinya. Adapun pujian para netizen itu rupanya dibalas oleh Putri sendiri melalui aplikasi TalkBack.

Lantas apa aplikasi tersebut dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasannya.

Apa Itu TalkBack

Google menyediakan alat yang bisa membantu penyandang tunanetra untuk menggunakan sebuah smartphone bernama TalkBack.

TalkBack merupakan aplikasi dari Google yang digunakan khusus bagi penyandang tunanetra.

Aplikasi tersebut digunakan untuk membantu para penyandang tunanetra mengoperasikan HP Androidnya melalui suara tanpa langsung melihat ke layar.

Layanan Aksesibilitas dari TalkBack ini membantu pengguna yang mengalami gangguan penglihatan untuk berinteraksi dan menikmati perangkat ponsel mereka.

TalkBack menggunakan kata yang diucapkan, getaran, dan umpan balik suara lainnya untuk memberi tahu apa yang ada di layar Anda, apa yang Anda sentuh, dan apa yang dapat Anda lakukan dengannya.

Penggunaan TalkBack

TalkBack ini diinstal di perangkat ponsel penggunanya saat membeli sebagai bagian dari aplikasi bawaan dari Google Android.

Kemudian, TalkBack dapat diperbarui secara rutin dengan peningkatan dan fitur baru melalui Google Play Store.

Jika Anda tidak memerlukan bantuan karena bukan seorang penyandang tunanetra, Anda mungkin belum pernah melihatnya.

Namun, penggunaan TalkBack sendiri belum tentu merupakan hal yang buruk, karena itu tidak dirancang untuk kita yang dapat melihat semuanya.

Bahkan penyiapan serta opsinya dapat membingungkan saat Anda melihat apa yang ingin Anda lakukan dan mendengar cara kerjanya pada saat yang bersamaan.

Cara Kerja TalkBack

Cara kerja dari TalkBack adalah dengan menggunakan jari untuk menjelalahi yang ada di layar ponsel Anda.

Saat menemukan elemen tertentu, TalkBack akan bekerja dengan memblok teks dan membacakan informasi yang dilihat di layar itu.

Contohnya, saat ada pemberitahuan tertentu seperti pesan masuk, maka TalkBack akan membacakan teks dari pesan itu dengan jelas.

Pembacaan teks dari TalkBack itulah yang membantu Putri Ariani untuk mengetahui adanya komentar baik kepada dirinya dan membalasnya.

Selain membacakan teks, TalkBack juga bisa digunakan untuk membaca karakter khusus seperti emotikon.

Pengguna yang dapat mengikuti petunjuk secara baik lewat pembacaan suara dari teks yang diblok itu, maka pengguna dapat menggunakan ponsel pada umumnya.

Fitur TalkBack ini biasanya sudah terinstal di ponsel dan tak perlu mengunduhnya di Google Play Store.

Namun, jika belum ada, maka Anda bisa mengaktifkannya melalui tahapan berikut.

Buka Pengaturan atau Settings > Pilih Setelan tambahan > Pilih Aksesbilitas > Geser ke menu Penglihatan > Pilih TalkBack.

Content writer: Malia

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*