Pendiri Instagram Mengundurkan Diri

Kevin Systrom dan Mike Krieger (foto: instagram/teknomata.id)

Teknomata.id  – Dua pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger mengundurkan diri. Kevin Systrom merupakan pendiri sekaligus CEO Instagram. Sementara Mike Krieger, co-founder Instagram, dari posisi Chief Technology Officer (CTO).

Dilaporkan New York Times, Selasa (25/9/2019), duo inovator itu akan meninggalkan Instagram dalam beberapa minggu ke depan. Keduanya memberi notifikasi pengunduran diri pada Senin waktu setempat.

Systrom dan Krieger sudah memberitahu tentang pengunduran diri mereka kepada tim kepemimpinan di Instagram dan Facebook pada Senin (24/9/2018). Identitas sumber dirahasiakan karena mereka tidak memiliki hak untuk menyampaikan informasi kepada publik.

Sejarah mendirikan instagram

foto: youtube

Systrom dan Krieger merilis Instagram pada 2010, sebelum layanan berbagi foto dan video itu diakuisisi oleh Facebook.

Sebelum pengunduran diri, Systrom berperan sebagai CEO, sedangkan Krieger menjabat sebagai Chief Technical Officer (CTO) Instagram.

Tahun 2012 instagram diakusisi Facebook. Raksasa jejaring sosial itu mengakuisisi Instagram senilai US$ 1 miliar, ketika hanya memiliki sekira 30 juta pengguna.

Pada periode tahun 2014 sampai 2017, pengguna Instagram bertambah 100 juta orang tiap tahunnya. Sampai akhirnya mencapai 1 miliar pengguna pada bulan Juni lalu.

Kemudian, popuplaritas Instagram kian menanjak, termasuk mengalami pertumbuhan pengguna. Mereka berdua sudah mendirikan Instagram selama 8 tahun dan 6 tahun bekerja dibawah Facebook. Saat mendirikan Instagram, Systrom masih berusia 26 tahun.

Instagram telah membawa Systrom meraih kekayaan. Menurut Forbes, kekayaannya saat ini berjumlah USD 1,4 miliar atau setara Rp 20,8 triliun (USD 1 = Rp 14.890).

 

Menebak alasan pengunduran diri mereka

Mulanya Systrom dan Krieger tidak memberi tahu alasan pengunduran diri mereka. Juru bicara Facebook pun belum memberikan komentar terkait pengunduran keduanya.

Rumor yang tersebar mereka sudah pengunduran diri berbulan-bulan sebelumnya. Beberapa pihak menduga penyebab utamanya dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Sumber lain yang dilaporkan Recode juga menyebut hal yang sama jika alasan Systrom dan Krieger mundur adalah karena frustrasi dan pergolakan dengan Zuckerberg yang kian ikut campur untuk mengontrol Instagram.

Kabarnya lainnya, setelah Kevin dan Mike akan mengambil waktu istirahat dan mencari inspirasi. Mereka akan merilis produk baru.

Pengunduran diri karena Facebook bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya anggota dewan direksi Facebook yang sekaligus pendiri WhatsApp, Jan Koum, memutuskan hengkang. Facebook mengakuisisi aplikasi pesan tersebut pada 2012. Ia mengundurkan diri April 2018 lalu.

Menurut informasi dari sejumlah sumber, alasan Koum mengundurkan diri karena tidak sejalan dengan Facebook soal data pengguna dalam beberapa tahun terakhir.

Masa depan instagram

Mengingat Facebook selaku induk usaha tengah mengalami krisis, hal tersebut dapat mengancam masa depan instagram. Setelah diakuisisi Facebook, Instagram mulai jarang menelurkan fitur baru atau pembenahan yang cukup membuat penggunanya merasa lebih tertarik lagi.

Tercatat, hanya sekali saja Instagram melakukan update fitur di dalamnya sejak diakuisisi Facebook. Walaupun masih banyak diminati oleh pengguna mobile, namun Instagram menjadi tidak lagi menarik karena apa yang ditawarkan juga hampir sama dengan aplikasi mobile sejenis.

Penulis: eliza gusmeri

dari berbagai sumber

About mero 44 Articles
seniberjalan.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*