Penyebab Baterai Laptop Tak Tahan Lama, Berikut Cara Memperbaikinya

sumber: internet

Umumnya baterai laptop baru akan lebih tahan lama tanpa masalah dalam beberapa bulan pemakaian. Namun, untuk laptop lama, ada kalanya baterai laptop yang terlalu lama dipakai akan mengalami masalah.

Di antara masalah itu adalah cepatnya baterai habis meski baru dipakai beberapa jam. Lantas apa saja penyebab baterai laptop cepat habis dan bagaimana cara memperbaikinya?

Dikutip dari berbagai sumber, penyebab baterai laptop cepat habis ada beberapa macam.

1. Berada dalam Performa Tinggi

Laptop menawarkan beberapa mode yang berbeda untuk kinerja bateraimu. Bisa jadi kamu menggunakan mode performa tinggi hingga menyebabkan baterai cepat habis.

Cobalah memilih mode hemat daya saat bateraimu hampir habis, sebab akan mengurangi daya yang digunakan laptop untuk aplikasi latar belakang atau kecerahan.

Caranya adalah dengan membuka Menu Start > Pilih Pengaturan > Temukan Sistem lalu pilih Daya dan Baterai > Buka Mode Daya dan periksa apakah mode Performa Tinggi dipilih > Pilih mode Hemat Daya sebagai gantinya.

2. Terlalu Banyak Program Dijalankan Bersama

Laptop yang digunakan dengan banyak program berjalan secara bersamaan bisa membuat daya baterai lebih.

Sebab, ketika banyak program berjalan bersamaan maka laptop akan bekerja lebih keras dan membutuhkan banyak energi alias menguras baterai.

Cara menghentikannya: Tekan tombol Ctrl, Alt, dan Del atau Ctrl, Shift, dan Esc pada keyboard > Task Manager akan muncul >
Temukan Proses > Periksa daftar aplikasi dan proses yang berjalan di latar belakang lalu pilih aplikasi atau proses apa pun yang tidak diperlukan > Klik Akhiri Tugas.

3. Terlalu Banyak Koneksi Jaringan

Sama seperti program, banyaknya koneksi jaringan juga memerlukan banyak daya yang berfungsi dengan baik.

Setiap sambungan atau koneksi memerlukan daya untuk mengirim dan menerima sinyal. Untuk itu laptop tanpa koneksi ke internet akan kehabisan baterai jauh lebih lambat daripada laptop dengan koneksi.

Cara memperbaikinya: Temukan Panel Kontrol menggunakan menu Mulai atau Pencarian > Buka Jaringan dan Internet lalu pilih Sambungan Jaringan > Temukan koneksi yang ingin Anda hapus dan klik kanan > Daftar opsi akan muncul, pilih Nonaktifkan atau Lupakan Koneksi Jaringan.

4. Membuka Program Kuat yang Butuh Banyak Daya

Seperti diketahui setiap program komputer menguras baterai yang cukup banyak. Terlebih program yang kuat dan kompleks.

Jika hanya membuka browsing atau menulis, maka baterai laptop akan cukup stabil. Namun jika membuka program pengeditan, maka akan butuh banyak energi.

5. Kecerahan Laptop Terlalu Tinggi

Tingkat kecerahan laptop juga ikut mempengaruhi baterai cepat habis.

Jadi, mengapa baterai tidak bertahan lama dan tidak ada terlalu banyak program atau koneksi jaringan, bisa jadi karena kecerahan layar pada pengaturan tampilanmu.

Cara memperbaikinya adalah kamu dapat menggunakan tombol yang ditentukan pada keyboard, biasanya F1 atau F2 dan memiliki ikon matahari. [Mal]

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*