Tips Menjaga Kemanan Ponsel di Saat Mudik Lebaran

foto: Pixabay

Dalam perjalanan tidak ada salahnya kita lebih menjaga barang barang bawaan kita terlebih ponsel yang sangat vital untuk berkomunikasi.

Ponsel menjadi kebutuhan vital untuk berkomunikasi saat ini. Selain itu juga digunakan sebagai penunjang pekerjaan sehari-hari.

Di moment Lebaran ini tentunya beberapa dari kita akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, dalam perjalanan tidak ada salahnya kita lebih menjaga barang barang bawaan kita terlebih ponsel yang sangat vital untuk berkomunikasi.

Berikut adalah tips-tips agar ponsel selalu terjaga keamanannya saat mudik Lebaran:

Perlindungan Fisik:

1. Gunakan Casing untuk mencegah pecah saat terjatuh.

2. Jangan meletakkan ponsel sembarangan terutama di tempat publik untuk menghindari pencurian atau peretasan.

3. Hindari menggunakan kabel usb publik atau port usb publik untuk menghindari pembajakan data.

4. Bawa powerbank sendiri dan hindari meminjam atau menggunakan kabel usb yang bukan milik sendiri. Kabel usb merupakan salah satu attack hardware atau perangkat keras serangan cyber yang lazim digunakan para hacker, maka dari itu sebaiknya hindari menggunakan kabel usb umum atau milik orang lain.

5. Apabila mengalami kerusakan sebaiknya service di service center resmi.

 

Cara mengunci Whatsapp tanpa aplikasi agar chat tidak dibaca orang lain

 

Perlindungan Digital

1. Gunakan sandi untuk mengunci ponsel. Kunci ponsel menggunakan sidik jari, pin, atau password di ponsel untuk menghindari kehilangan data atau orang lain melihat isi ponsel anda.

2. Selalu Perbarui sistem operasi. Update Ponsel sesegera mungkin bila sudah ada update an terbaru, ini untuk meningkatkan sistem keamanan ponsel dan memberbaiki bug.

3. Tambahkan sandi untuk aplikasi aplikasi yang menurut anda sensitif. Anda bisa menambahkan sandi untuk aplikasi tertentu seperti email, media sosial, atau chat. Beberapa aplikasi menyediakan sandi seperti Whatapp, namun apabila tidak tersedia bisa mengunduh aplikasi seperti Applock di Playstore.

4. Matikan bluetooth saat tidak digunakan. Selain menghemat baterai bluetooth juga salah satu jalur keluar masuk data pada ponsel. Untuk menghindari pembajakan data sebaiknya fitur ini dimatikan saat tidak digunakan.

5. Hindari menggunakan WIFI publik saat diperjalanan atau ditempat umum. WIfi juga merupakan jaur keluar masuk data dari ponsel, maka dari itu sebaiknya hindari penggunaan WIFI publik karena merupakan pintu masuk peretasan dan pembajakan data.

Jika anda memiliki data data penting diponsel anda sebaiknya tidak menggunakan WIFI Publik, Namun jika terpaksa gunakanlah VPN atau Virtual Private Network, dengan menggunakan layanan ini data yang terkirim dan diterima terenkripsi, dan lokasi pribadi kita juga dapat disamarkan.

6. Aktifkan fitur Find My Phone. Fitur ini berguna jika ponsel kita hilang dalam perjalanan, sehinggan kita bisa melacak keberadaannya. Juga dengan fitur ini kita bisa menghapus data di ponsel kita secara remote atau jarak jauh sehingga data data di ponsel tidak jatuh ketangan orang yang salah.

Demikian beberapa tips yang bisa digunakan saat anda mudik lebaran semoga artikel ini bermanfaat, apakah menurut anda tips-tips ini berguna silahkan komentari di kolom komentar

About Adam 111 Articles
Tech geek yang hobi mancing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*