Warga Amerika Berburu Gerhana Matahari hingga ke Batam

Gerhana Matahari Batam
Bruce dan Istrinya. Foto: elizagusmeri/teknomata.id

Teknomata.id- Sejumlah turis asing dari berbagai negara hadir bersama masyarakat Kota Batam untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Alun-alun Engku Putri, Batam Centre, Batam pada Kamis (26/12) siang.

Di antaranya, satu keluarga dari Bruce Webster, yang datang bersama istrinya Roberta, dan anaknya Maria, dari Amerika Serikat (AS). Mereka datang ke Batam hanya untuk menyaksikan gerhana matahari.

Bruce yang telah empat kali menyaksikan fenomena ini, mengaku selalu merasa spesial dengan momen itu. Perasaan serupa juga dirasakan istrinya.

“Istri saya sangat emosional ketika menyaksikan gerhana matahari di Nebraska (Negara Bagian AS), setelah itu kami memutuskan untuk terus melihatnya,” kata Bruce ketika ditemui di Alun-Alun Engku Putri.

Momen terakhir atau yang ke-4 ini, menjadi yang paling berkesan bagi Bruce. Menurutnya GMC merupakan perpaduan antara bulan dan matahari yang tidak tertutupi sepenuhnya, membentuk cincin yang menurutnya sangat indah.

Pada tiga momen sebelumnya, ia pernah melihat Gerhana Matahari Total yang menjadikan suasana gelap gulita untuk beberapa saat. Ia juga sempat melihat gerhana matahari sebagian.

Gerhana Matahari Batam
Turis Asing menyaksikan gerhana matahari cincin di Batam/foto: elizagusmeri/teknomata.id

Menurutnya setiap momen gerhana menghadirkan kesan tersendiri. Roberta sendiri mengaku akan terus berupaya mengejar gerhana matahari. Ia mengaku telah menyusun rencana untuk bisa kembali melihat momen ini di Taiwan pada 2020 mendatang.

“Saya tidak tahu apakah bisa datang, tapi saya berharap bisa menyaksikan gerhana matahari di Taiwan,” kata Roberta.

Roberta tidak menyebutkan secara rinci biaya yang ia keluarkan untuk dapat menyaksikan gerhana matahari.

Lebih jauh, Bruce menjelaskan alasan dirinya memilih Batam karena sudut melihat Gerhana Matahari Cincin ini lebih baik dibanding Singapura, tempat semula dirinya dan keluarga berencana akan melihat fenomena ini.

*penulis: Bobi

About mero 31 Articles
seniberjalan.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*