Smartphone Xiaomi Redmi 8A: Murah dengan Desain Mewah

Xiaomi redmi 8A

Teknomata.id– Smartphone keluaran Xiaomi dengan seri XA selalu saja menjadi yang termurah dibanding seri lainnya. Seperti Xiaomi Redmi 8A yang diluncurkan pada September 2019 lalu, dipatok dengan harga USD 90 sampai USD 100.

Meskipun dipasarkan dengan harga murah, namun desain smartphone asal Tiongkok ini tidak kalah dengan smartphone mewah di atasnya.

Keunggulan itu juga ditopang dengan kualitas tampilan antar muka yang bagus dan daya tahan baterai mumpuni.

Hanya saja, kelebihan yang dimiliki Xiaomi Redmi 8A tersebut tidak didukung dengan performa dapur pacu terutama pada varian RAM 2GB, kualitas kamera yang biasa-biasa saja, banyaknya iklan dan sofware yang didominasi oleh bloatware (aplikasi bawaan).

1. Desain

Redmi 8A adalah smartphone yang dibangun dengan desain modern dan kontemporer. Bagian depan ponsel memiliki panel Gorilla Glass 5 ujung ke ujung yang menutupi layar 6,22 inci dan memiliki beberapa sudut yang agresif di semua sisi.

Warna menjadi kelebihan lain dari Xiaomi Redmi 8A ini. Pada varian Midnight Black dan Ocean Blue memiliki warna yang sama di seluruh bagian ponsel.

Untuk Sunset Red, memiliki warna mulai dari oranye di bagian bawah ponsel dan secara bertahap mengubah warna merah yang lebih dalam saat bergerak ke atas.

Ditambah dengan pola bergaris, menciptakan efek yang agak mencolok ketika bagian-bagian berbeda dari ponsel bersinar ketika terkena cahaya.

Mengutip GSMArena, (27/12/2019) meskipun berbahan plastik, ponsel ini terasa kokoh dan tahan lama. Terlebih ia dilengkapi dengan nano-coating yang tahan percikan air.

Dengan harga tersebut, kualitas desain ponsel ini sangat mengesankan.

2. Tampilan Antar Muka

Meskipun kerapatan piksel cukup rendah, Xiaomi Redmi 8A memiliki resolusi yang memadai. Hal ini tetap menghadirkan tampilan teks dan gambar cukup tajam.

Tampilan video juga terlihat sangat bagus di layar. Ketika disediakan konten berkualitas, tampilan berkinerja baik.

Masalah tampilan yang mungkin terasa pada smartphone ini adalah tingkat kecerahan yang terasa kurang.

3. Baterai dan Audio

Pada Redmi 8A ditanam baterai 5000mAh. Dengan kapasitas tersebut, smartphone ini dapat bertahan satu setengah hari dengan hanya sekali pengisian daya.

Redmi 8A mendukung fast charging 18W. Dengan pengisi daya bawaanya-Xiaomi 27W, Redmi 8A mampu mengisi daya sekitar 30 persen dalam setengah jam dan 100 persen dalam dua setengah jam.

Dari sisi audio, Redmi 8A memiliki loudspeaker tunggal di bagian bawah. Memiliki kualitas audio jernih tanpa distorsi, bahkan pada volume maksimum.

Ponsel ini juga memiliki jack headphone, yang juga menyediakan audio yang bersih dan berkualitas baik yang cukup keras.

Xiaomi redmi 8A Murah

4. Perangkat Lunak

Redmi 8A berjalan pada MIUI 11 di Android 9. Dengan MIUI 11 gerakan navigasi Redmi 8A berjalan sangat baik.

Xiaomi adalah yang pertama menerapkan sistem jenis ini di Android setelah Apple melakukannya, dan penerapannya juga berjalan maksimal.

Tidak itu saja, system notifikasi dengan MIUI 11 juga berjalan baik jika disbanding dengan sebelumnya.

Xiaomi adalah satu-satunya smartphone yang memiliki layout perpindahan aplikasi. Ia juga bisa menghadirkan lebih banyak jendela sekaligus sehingga lebih praktis.

Fitur ruang kedua yang ada di MIUI memungkinkan pemakainya memiliki akun kedua untuk aplikasi tertentu seperti WhatsApp, instagram dan sebagainya.

Meskipun demikian, beberapa fitur tidak berfungsi dengan baik. Fitur buka kunci wajah misalnya bisa cepat bereaksi, tapi terkadang akan lambat, bahkan bisa beralih ke penguncian sandi. Ponsel juga tidak memiliki sensor sidik jari.

Hal yang terasa lebih mengganggu adalah banyaknya fitur yang tidak perlu. Fitur keamanan seperti aplikasi antivirus yang memindai telepon, ia melakukan pemindaian setiap aplikasi baru yang diinstal.

Ada juga aplikasi pembersih memori yang terus-menerus mengganggu kenyamanan.

Tidak itu saja, aplikasi bawaan Xiaomi Redmi 8A juga banyak yang serupa dengan aplikasi keluaran Google. Kondisi ini masih masuk akal jika diterapkan di Tiongkok karena layanan Google tidak beroperasi di sana.

Namun akan terasa mengganggu ketika tetap ditampilkan ketika berada di negara lain. Akan membebani memori karena memiliki aplikasi double dengan fungsi yang sama.

5. Kamera

Pada Redmi 8A terpasang kamera 12MP f1.8 di bagian belakang dengan dual-pixel PDAF dan flash. Sementara di bagian depan ada kamera 8MP f2.0, keduanya mampu menghasilkan video 1080p30.

Secara keseluruhan kualitas kamera pada Redmi 8A kurang memuaskan. Masalah terbesarnya pada sisi dynamic range yang cukup buruk, sehingga menghasilkan gambar yang sangat kontras dengan highlight yang pecah dan bayangan yang tergerus.

Kekurangan lainnya adalah jendela bidik beresolusi rendah, yang membuatnya sulit menentukan fokus.

Untuk pengambilan video sendiri, dinilai sudah cukup baik. Hanya saja kurangnya stabilisasi optik atau elektronik membuat video cukup goyah.

 

Content Writer: Bobby

About mero 34 Articles
seniberjalan.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*